Smartphone dan komunikasi sosial: studi pengguna whatsapp pada mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, M. Nafier (2018) Smartphone dan komunikasi sosial: studi pengguna whatsapp pada mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Nafier Ramadhan_B06212016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi telah mengantarkan manusia untuk menciptakan bentuk baru dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Begitu juga dengan perkembangan teknologi digital. Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat, peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Hadirnya smartphone dan aplikasi-aplikasi komunikasi dirasa mampu memudahkan proses komunikasi sosial para penggunanya, termasuk mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi sosial dan pola komunikasi melalui whatsapp yang terjadi pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah delapan orang yang semuanya adalah mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya dan semuanya pengguna whatsapp. Hasil temuan dari penelitian ini adalah : 1) Pertukaran Informasi Kuliah; 2) Diskusi grup obrolan; 3) Sarana Pengumuman Akademik; 4) Ruang Dakwah; 5) Ruang Ghibah; 6) Ruang perdebatan; 7) Telepon gratis; 8) Pengungkapan ekspresi; 9) Penyebaran informasi hoax. Rekomendasi dari penelitian ini adalah jangan terlalu tergantung pada smartphone dan whatsapp, utamakan komunikasi secara langsung. Penyebaran berita hoax juga bisa dihindari dengan selalu mencari tau kebenaran dari berita yang disebar para pengguna lainnya. Penggunaan smartphone juga diharapkan bisa lebih bijak, hindari perdebatan, perselisihan, atau menebar kebencian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, M. Nafiernafierramadhan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Komunikasi sosial; smartphone; whatsapp
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ramadhan M. Nafier
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:02
Last Modified: 12 Feb 2018 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item View Item