Sistem pengawasan berbahasa Inggris santri pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Mohammad Teguh (2018) Sistem pengawasan berbahasa Inggris santri pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Teguh Hermawan_B06214015.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pondok Pesantren Mambaus Sholihin adalah pondok pesantren yang menerapkan sistem berbahasa inggris kepada para santri-santrinya. Kewajiban berbahasa inggris ini berjalan tahun demi tahun. Untuk dapat merealisasikannya, pondok pesantren mambaus sholihin menerapkan sistem Spyer untuk mengawasi jalannya bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari santri. Dengan tujuan untuk meminimalisir pelanggaran peraturan berbahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem Pengawasan Berbahasa Santri Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Penelitian ini bersifat Deskriptif kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara serta observasi lapangan. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang terdiri dari Ketua Pondok Pesantren dan Ketua Departemen Bahasa Inggris. Dari hasil penelitian ini ditemukan pengawasan pengurus bahasa inggris menggunakan media Spyer yang berupa kertas yang dipakai santri untuk melaporan santri lain yang melanggar bahasa. Penerapan Spyer bertujuan untuk memantau para santri dalam mentaati peraturan berbahasa inggris. Sehingga instruksi pencarian pelanggar dari pengurus kepada para santri akan menimbulkan feedback laporan pelaku pelanggaran berbahasa inggris. Berbagai saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk peningkatan efektivitas Spyer adalah (1) Departemen Bahasa Inggris dan Pondok Pesantren harus tetap mempertahankan sistem Spyer dan meningkatkannya lagi dengan inovasi-inovasi yang lebih mendukung untuk meningkatkat kepatuhan para santri terhadap peraturan berbahasa inggris. (2) Departemen Bahasa Inggris sebaiknya berkoordinasi kepada para santri atau mahasiswa lain untuk tetap berbahasa meskipun pada kompleknya tidak menerapkan sistem Spyer, agar tidak ada alasan untuk melanggar bahasa terlebih dengan santri yang berdomisili di komplek yang menerapkan sistem Spyer. (3) Perlu diadakannya Reward untuk mereka yang rajin dalam berbahasa inggris dan sama sekali tidak pernah tercatat sebagai pelanggar bahasa, reward tersebut berupa pemberian buku Grammar, Speech, kitab kuning dan barang-barang lain yang mempunyai nilai edukasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Mohammad Teguhmohteguhh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Ilmu Komunikasi
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Sistem pengawasan; berbahasa Inggris; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hermawan Mohammad Teguh
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:15
Last Modified: 12 Feb 2018 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22787

Actions (login required)

View Item View Item