Peningkatan self regard untuk menyikapi stigma masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Yayasan Abdi Asih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairiyah, Rizkiyatul (2018) Peningkatan self regard untuk menyikapi stigma masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Yayasan Abdi Asih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizkiyatul Khairiyah_B93214091.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Orang dengan HIV/AIDS selama ini mengalami stigma dan diskriminasi dari masyarakat. Kehadirannya yang masih belum diterima oleh masyarakat membuat mereka tidak bisa aktif dan produktif dalam beraktivitas. Lebih memilih untuk sendiri dan tidak ingin bergaul dengan orang luar. Disisi lain, Rogers mengusung teori self regard (penerimaan diri) mengatakan bahwa self regard terbagi menjadi dua, yaitu bersyarat dan tidak bersyarat. Seseorang bisa diterima jika dia sudah memberikan sebuah apresiasi yang baik bagi yang bersangkutan atau diterima dan dianggap tanpa sebuah syarat. Agar kehadirannya bisa diterima. Peneliti berusaha untuk mengembangkan teori self regard dengan permasalahan yang diangkat. Penyelesaian ini akan mengusung pengembangan media berupa video animasi yang diformulasikan untuk menjadi media pengembangan self regard agar ODHA b isa diterima oleh masyarakat. Berdasarkan hasil pengembangan peneliti yang melakukan uji coba kelayakan dan ketepatan produk. Secara keseluruhan penguji ahli mengatakan bahwa produk layak untuk dikonsumsi publik. Sehingga, layak untuk dipublikasikan kepada kelompok ibu PKK di Yayasan Abdi Asih Dukuh Kupang Timur XIII no 41 Surabaya. Setelah melakukan aplikasi produk, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pengembangan video animasi yang telah dibuat dan telah digandengkan bersama buku panduan. Dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada kelompok ibu PKK RT 1/RW 9 Dukuh Kupang Timur XIII yang ada di lokasi subjek penelitian. Peneliti berkesimpulan bahwa pengembangan Video Animasi self regard yang dibuat peneliti dikatakan layak dan tepat untuk digunakan sebagai upaya penggeseran stigma dan mengurangi diskriminasi kepada ODHA. Sehingga, ODHA memiliki tingkat ketenangan psikis yang lebih baik dalam menjalani hidup dan semangat hidup menjadi lebih tinggi jika stigma dan diskriminasi berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairiyah, RizkiyatulRizkiyatul.Khairiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Self regard; Stigma masyarakat; Orang dengan HIV/AIDS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khairiyah Rizkiyatul
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:21
Last Modified: 13 Feb 2018 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22795

Actions (login required)

View Item View Item