Bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan harga diri (Self Esteem) muallaf di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Sidokare Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salthonatin Udhma, Vica (2018) Bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan harga diri (Self Esteem) muallaf di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Sidokare Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vica Salthonatin Udhma_B93214112.pdf

Download (15MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam untuk Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Muallaf ?, 2) Bagaimana hasil akhir Bimbingan dan Konseling Islam untuk Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Muallaf? Berkaitan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil proses konseling sebelum dan setelah proses konseling. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Proses pelaksanaan bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan harga diri (Self Esteem) Muallaf dilakukan konselor dengan langkah-langkah identifikasi masalah, dignosis, prognosis, terapi/ treatment client centered. Adapun langkah-langkah terapi yang diberikan kepada konseli yaitu 2 tahapan, tahapan pertama perkenalan dan menciptakan trust antara konselor dan konseli, tahapan kedua inti dari terapi dengan memberikan terapi Client Centered untuk konseli lebih mampu mengembangkan keselarasan antara konsep diri dan diri idealnya untuk lebih memahami diri sendiri dan mengembangkan suatu tujuan perubahan dalam diri sendiri dan atas situasi kehidupannya dengan memberikan bimbingan dan konseling islam. (2) Hasil setelah dilakukan bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan harga diri (Self Esteem) Muallaf mengalami perubahan gejala-gejala harga diri rendah yang nampak pada konseli sebelum diberikan terapi dan setelah diberikan terapi. Dengan demikian dapat dikatakan proses terapi client centered yang diberikan kepada konseli cukup berhasil. Hal itu jelas dalam tabel bahwa perubahan yang terjadi pada konseli yang sebelumnya ada sepuluh gejala yang diantaranya tujuh nampak atau dirasakan oleh konseli, dan tiga yang kadang-kadang nampak atau kadang-kadang dirasakan oleh konseli dan delapan sudah tidak nampak atau tidak dirasakan oleh konseli lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salthonatin Udhma, Vicavicasalthonatinudhma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan konseling; Harga diri; Self Esteem; Muallaf
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Udhma Vica Salthonatin
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:52
Last Modified: 13 Feb 2018 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22798

Actions (login required)

View Item View Item