Pengaruh Pretend Play terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa Autis di Kelas Inklusi SDN Petemon 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Ayu Azaria (2018) Pengaruh Pretend Play terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa Autis di Kelas Inklusi SDN Petemon 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Azaria Dewi_B93214099.pdf

Download (15MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah untuk menjawab permasalahan mengenai sejauh mana pengaruh pretend play terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa autis di Kelas Inklusi SDN Petemon 2 Surabaya? Dalam membuktikan dan menganalisis permasalahan di atas, maka peneliti menggunakan metode kuantitaif secara Pre-Eksperimental dengan pendekatan One Shot Case Study atau Studi Kasus Satu Tembakan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa berusia 8-14 tahun dengan kategori siswa gangguan autis. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampel yaitu Sampling Purposive. Siswa diminta untuk mengisi angket yang diberikan oleh peneliti. Angket tersebut berisi beberapa butir soal berbentuk pernyataan untuk mengukur kemampuan interaksi siswa. Beberapa indikator yang digunakan, antara lain: Variabel X: Pengaruh Pretend Play, Variabel Y: Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Autis. Proses pretend play dalam penelitian ini menggunakan tema “kehebatan seorang arsitek” dengan bantuan peralatan permainan seperti palu, gergaji, tang, gunting, pasrah kayu, dan lain-lain. Pretend play ini dimainkan secara individual antara peneliti dengan responden. Waktu permainan ±3 menit. yang dimainkan hanya sampai pada tahap 1, 2, dan 3. Hasil perubahan dari proses pretend play pada siswa menujukkan kategori kurang, cukup, dan baik. Hasil uji reliabilitas variabel X adalah 0,98 dan variabel Y adalah 0,96 yang menujukkan bahwa reliable. Hasil uji normalitas pada variabel X adalah 0,996 > 0,05 dan variabel Y adalah 0,974 > 0,05, karena hasil skor kedua variabel > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji korelasi pada penelitian ini menujukkan skor 0,966 dengan p=0,34 dan bertanda positif. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara pretend play dengan peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa autis di Kelas Inklusi SDN Petemon 2 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Ayu Azariaazariaayu@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Kemampuan Berhitung
Keywords: Pretend Play, kemampuan interaksi sosial; siswa autis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dewi Ayu Azaria
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:20
Last Modified: 13 Feb 2018 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item View Item