Penerapan terapi taubat dengan teknik self instruction untuk mengatasi seorang remaja yang sering melalaikan waktu shalat fardlu di daerah Jemurwonosari Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Abidatul (2018) Penerapan terapi taubat dengan teknik self instruction untuk mengatasi seorang remaja yang sering melalaikan waktu shalat fardlu di daerah Jemurwonosari Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abidatul Hasanah_B73214042.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerepan Terapi Taubat dengan Teknik Self Instruction untuk mengatasi seorang remaja yang sering melalaikan waktu shalat fardlu di daerah Jemurwonosari Gang Lebar Wonocolo Surabaya?, (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan penerapan Terapi Taubat dengan Teknik Self Instruction untuk mengatasi seorang remaja yang sering melalaikan waktu shalat fardlu di daerah Jemurwonosari Gang Lebar Wonocolo Surabaya?. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif yaitu membandingkan data teori dengan data yang ada di lapangan. Sedangkan dalam mengumpulkan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan peneliti turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul dilakukan analisa untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah melakukan proses konseling tersebut. Hasil dari penelitian ini ditemukan permasalahan yaitu konseli melalaikan waktu shalat fardlunya. Dalam penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) proses penerapan terapi taubat dengan teknik self instruction untuk mengatasi seorang remaja yang sering melalaikan waktu shalat fardlu dilakukan dengan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi. Berikut ini tekniknya: niat, dzikir, do’a setelah taubat, membuat skrip untuk konseli, mengukur persentase waktu shalat fardlu (2) Hasil akhir setelah dilakukan terapi taubat dengan teknik self instruction untuk mengatasi seorang remaja yang sering melalaikan waktu shalat fardlu mengalami perubahan yaitu dilihat dari hasil persentase ukuran waktu shalat fardlu konseli ketika sebelum dan susudah proses konseling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Abidatulhasanahabida0@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja
Salat > Salat, Waktu
Keywords: Terapi taubat; teknik self instruction; shalat fardlu tepat waktu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hasanah Abidatul
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:46
Last Modified: 13 Feb 2018 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item