Bahasa tutur Emha Ainun Nadjib: telaah filsafat bahasa perspektif John Langsaw Austin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satriyono, Firman (2018) Bahasa tutur Emha Ainun Nadjib: telaah filsafat bahasa perspektif John Langsaw Austin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Firman Satriyono_E01213020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan karya tulis ini memaparkan bagaimana model-model pitutur yang disampaikan oleh Emha Ainun Nadjib yang kemudian di telaah menggunakan sudut pandang filsafat bahasa John Langsaw Austin. Tema ini sangatlah menarik.
Dewasa ini banyak kita temukan para pembicara, khususnya yang berkaitan dengan masalah keagamaan, yang tidak bisa menjadi penengah dan penyelesai masalah bagi umat beragama. Justru malah mengakibatkan perpecahan antar umat beragama. Banyak faktor yang melatarbelakangi semua itu. Namun berbeda dengan seorang tokoh yang satu ini yaitu Emha Ainun Nadjib. Dengan berbagai pitutur yang di ungkapkan seakan menjadi sebuah air minum bagi seseorang yang mengalami haus, yaitu haus akan nasihat-nasihat kearifan. Bahasa dalam Pitutur-pitutur yang diungkapkan Emha tidaklah sulit dipahami. Semua kalangan dari latarbelakang apapun tidaklah menjadi permasalahan untuk ikut menikmati pitutur yang diungkapkan, demi kebaikan dan kemaslahatan bersama. Dengan berbagai contoh dan analogi-analogi yang dikemukakan menjadikan pemahan tentang agama menjadi mudah. Agama menjadi sosok yang dirindukan dan tidak menakutkan. Sejalan dengan teori filsuf barat yang bernama John Langsaw Austin tentang bahasa keseharian. Merupakan sebuah teori yang tepat sebagai pisau analisa untuk mengupas berbagai pitutur yang disampaikan oleh Emha Ainun Nadjib. Bahasa adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia guna tercapainya kepentingan bersama. Oleh karenanya bahasa yang baik adalah bahasa yang mampu memberikan pemahaman untuk semua manusia, bukan hanya dari kalangan tertentu yang dapat memahami. Inilah yang dinamakan filsafat bahasa biasa atau bahasa keseharian (Ordinary Language Philosophy).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satriyono, Firmanfirmansatriyono@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Bahasa; pitutur; Emha Ainun Nadjib; John Langshaw Austin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Satriyono Firman
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:05
Last Modified: 12 Feb 2018 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22835

Actions (login required)

View Item View Item