Dzikir hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada lansia di panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnia, Iffa Rahmatul (2018) Dzikir hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada lansia di panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Iffa Rahmatul Husnia_B73214063.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fokus Penelitian adalah (1) Bagaimana proses Dzikir Hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada Lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya? (2) Bagaimana hasil Dzikir Hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada Lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis uji-T (Paired Sample T-test). Dalam hal ini menggunakan alat ukur yakni sebuah angket (kuesioner) Pretsest dan Posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian kali ini yaitu berjumlah 20 orang lansia muslim Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. Adapun indikator dari masing-masing variabel yaitu 1) Meyakini untuk selalu mengingat Allah SWT, memiliki keyakinan bahwa cukup Allah sebagai penolong, mendorong manusia untuk selalu bersikap positif, menenangkan hati, membuat manusia untuk mudah mensyukuri ni’mat Allah. 2) Tidak menyalahkan diri sendiri, pantang menyerah, lebih percaya diri, menerima keadaan dengan lapang, berfikir positif.Dalam kali ini, proses konseling menggunakan dzikir hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. Langkah awal yang dilakukan peneliti agar dapat diketahui perbedaan atau tidaknya sebelum dan sesudah dilakukannya treatment dzikir hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada lansia, yaitu dengan melakukan penyebaran angket data pretest dan posttest. Langkah selanjutnya yaitu angket tersebut nantinya akan membuktikan dengan melihat hasil uji-T (Paired Sample T-test) menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,243 > 0,005 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara self acceptance pada data pretest dan posttest. Hal tersebut juga telah membuktikan bahwasannya “tidak terdapat pengaruh” dzikir hasbunallah untuk menumbuhkan self acceptance pada lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnia, Iffa Rahmatuliffarahmatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Dzikir hasbunallah; self acceptance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Husnia Iffa Rahmatul
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:57
Last Modified: 13 Feb 2018 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22865

Actions (login required)

View Item View Item