Pesan dakwah Prof. Dr.H. Moh. Ali Aziz di Amerika dan Canada melalui facebook : Analisis Isi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dakhiliyah, Nafis Wizarotid (2018) Pesan dakwah Prof. Dr.H. Moh. Ali Aziz di Amerika dan Canada melalui facebook : Analisis Isi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Nafis Wizarotid Dakhiliyah_B71214022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang disampaikan oleh Prof. Ali Aziz pada bulan Maret-April tahun 2017 melalui Facebook, dalam penelitian ini akan mengupas secara rinci Bagaimana pesan dakwah yang disampaikan pada setiap postingan yang di upload. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, yang mana penelitian kuantitatif deskriptif bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan, dan memaparkan objek penelitian berdasarkan apa yang terjadi. Sedangkan analisis yang dipakai untuk mengkaji data mengunakan Analisisi Isi Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dakwah, sedangkan objek yang diteliti adalah Facebook Prof. Ali Aziz dengan mengambil sampel secara tidak acak. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode Wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan wawancara dengan Prof. Ali Aziz, dan data kuantitatif diambil dengan cara mengobservasi maupun mendokumentasikan postingan pada bulan Maret-April 2017. Dari hasil analisis, peneliti menemukan bahwa dalam post bulan Maret-April 2017 terdapat 33 postingan, namun hanya ada 23 postingan yang mengandung 3 kategori pesan dakwah, yakni: pesan aqidah, pesan syariah, pesan akhlak. Dari hasil perhitungan memakai rumus distribusi frekuensi, kemunculan pesan dakwah dalam post facebook Prof. Ali Aziz bulan Maret-April 2017 sebanyak 50 kali dengan 3 kategori pesan dakwah. Frekuensi tertinggi terdapat pada kategori Akhlak sebanyak 21 kali dengan persentase 42% dengan sub kategori yang muncul meliputi Akhlak kepada Allah sebanyak 5 pesan atau 23,85, Akhlak kepada Diri Sendiri sebanyak 10 pesan atau 47,6%, Akhlak kepada Keluarga sebanyak 2 pesan atau 9,5%, Akhlak Kepada Tetangga tidak ada pesan dakwah, Akhlak kepada Mayarakat sebanyak 3 pesan atau 14,3%, Akhlak kepada Flora sebanyak 1 pesan dakwah atau 4,8%, dan Akhlak kepada Fauna tidak ada pesan dakwah. Sedangkan kategori Aqidah mempunyai frekuensi sebanyak 17 kali dengan persentase 34% dan kategori Syari’ah mempunyai frekuensi sebanyak 12 kali dengan persentase 24%. Rekomendasi untuk peneltian berikutnya agar dapat diteliti lebih dalam lagi, misalanya mengenai masalah yang terkait dengan respon masyarakat atau penggunaan pendekatan isi kualitatif dalam Facebook Prof. Ali Aziz.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dakhiliyah, Nafis WizarotidNafiskhilyah05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi
Keywords: Pesan Dakwah; Facebook; Analisis Isi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dakhiliyah Nafis Wizarotid
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:50
Last Modified: 13 Feb 2018 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item