Profil penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah Matematika dari gaya belajar learning style inventory David A Kolb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'achiroh, Siti (2018) Profil penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah Matematika dari gaya belajar learning style inventory David A Kolb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mu'achiroh_D04213032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Analogi merupakan keterampilan berpikir tentang sesuatu hal yang baru yang diperoleh dari suatu hal yang telah diketahui sebelumnya, dengan memperhatikan persamaan antara dua hal tersebut. Markus Ruppert merepresentasikan analogi menjadi 4 tahapan yaitu: structuring, mapping, applying, dan verifying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara terperinci mengenai penalaran analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar Learning Style Inventory David A Kolb yang meliputi Accomodator (Ac), Assimilator (As), Converger (Co), dan Diverger (Di). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang terdiri dari 2siswa dari masing-masing gaya belajar. Subjek dipilih berdasarkan hasil angket gaya belajar Learning Style Inventory David A Kolb serta rekomendasi dari guru matematika. Data penelitian diperoleh dari hasil Tes Penalaran Analogi Matematika (TPAM) dan wawancara. Pengujian kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengangaya belajar Accomodator (Ac)dalam memecahkan masalah matematika lebih dikaitkan dengan pengalaman serta dapat melewati keempat tahapan analogi dengan cukup baik. Subjek dengan gaya belajar Assimilator (As)dalam memecahkan masalah matematika cenderung berpikir lebih dalam ketika mengamati soal dan hanya memnuhi dua tahapan analogi yaitu structuring dan verifying. Subjek dengan gaya belajar Converger (Co) dalam memecahkan masalah matematika dapat melewati keempat tahapan analogi dengan cukup baik dengan mengaitkan pengalaman dalam proses pemecahan soal aritmatika sosial. Sedangkan subjek dengan gaya belajar Diverger (Di) dalam memecahkan masalah masalah matematika cenderung lebih teliti dalam mengamati soal untuk kemudian dipikirkan proses pemecahannya serta dapat melewati keempat tahapan analogi dengan cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'achiroh, SitiIroowry@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Analogi; learning style inventory; David A Kolb
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mu'achiroh Siti
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:29
Last Modified: 13 Feb 2018 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item View Item