Eksistensi pengrajin dan pelestarian batik tulis Sumurgung era modern di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Liya Khozaainu Rohmati Robbil (2018) Eksistensi pengrajin dan pelestarian batik tulis Sumurgung era modern di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liya Khozaainu Rohmati Robbil Ummah_I73214019.pdf

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana cara pengrajin batik dalam melestarikan batik tulis Sumurgung pada era modern di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, dan 2) faktor apa saja yang menyebabkan pengrajin batik tulis Sumurgung semakin berkurang di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara melestarikan batik tulis diera modern dan mengetahui faktor yang pnyebab pengrajin batik tulis semakin berkurang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena masyarakat pengrajin batik tulis di Sumurgung adalah konsep teori Evolusi Auguste Comte dan teori Modernisasi Alex Inkeles. Ada 2 (dua) hasil temuan penelitian: Pertama, cara pengrajin batik dalam melestarikan batik tulis pada era modern di Desa Sumurgung melalui edukasi batik, sosialisasi tentang pembuatan batik dengan melibatkan generasi muda baik keterlibatan pada kegiatan festival pesona batik Tuban, hingga berdirinya Tuban Store. Kedua, faktor penyebab berkurangnya menjadi pengrajin batik di Desa Sumurgung dikarenakan minimnya tingkat keterampilan dan ketekunan para pemuda sebagai generasi penerus pengrajin batik, masuknya industrialisasi di era modern sehingga para pemuda lebih memilih bekerja di pabrik, dan penghasilan yang tidak sebanding dengan pekerjaan membatik sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Liya Khozaainu Rohmati Robbilliyalathiif95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Industri RumahTangga
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Industri tekstil
Keywords: Pengrajin; pelestarian; era modern
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ummah Liya Khozaainu Rohmati Robbil
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:43
Last Modified: 14 Feb 2018 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

View Item View Item