Fenomena tradisi Tedhak Siti ditinjau dari analisis tindakan sosial dan perubahan sosial Max Weber : studi kasus di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiyan, Ahmad Andi (2018) Fenomena tradisi Tedhak Siti ditinjau dari analisis tindakan sosial dan perubahan sosial Max Weber : studi kasus di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Andi Alfiyan_E81211047.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

mengetahui terjadinya fenomena Tedhak Siti menurut akar aqidah dan kefilsafatan di Desa Pepe. Serta menjelaskan fenomena Tedhak Siti menurut teori tindakan dan perubahan sosial Max Weber. Apakah tradisi ini masih dilakukan oleh masyarakat atau ditinggalkan oleh masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Bagaimana penjelasan terjadinya Tedhak Siti menurut akar aqidah dan kefilsafatan di Desa Pepe.2) Bagaimana fenomena Tedhak Siti menurut teori tindakan dan perubahan sosial Max Weber.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan terjadinya Tedhak Siti menurut akar aqidah dan kefilsafatan di Desa Pepe selain itu menjelaskan fenomena Tedhak Siti menurut teori tindakan dan perubahan sosial Max Weber Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mana pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan dari sumber data primer maupun sekunder. Dan model pemaparan data menggunakan metode deskriptif analisis. Tradisi tedhak siti ini mengandung nilai-nilai akidah Islamiyah dan Ilahiah yang mananilai-nilai tersebut sesuai dengan pendidikan keimanan masyarakat Desa Pepe yang mengakui tentang adanya suatu kekuatan yang menguasai jiwanya yaitu Allah, Tuhan Yang Maha Esa, mempercayaiNya dan tempat mereka meminta agar anak yang pertama kali menginjakkan kakinya ketanah dapat selalu diberi kesehatan, keselamatan dan kesuksesan, yaitu dalam bentuk prosesi-prosesi tradisi Tedhak Siti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiyan, Ahmad AndiAhmadandialfiyan3076@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Tradisi Islam
Keywords: Tedhak Siti; Perubahan Sosial; Tindakan Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Alfiyan Ahmad Andi
Date Deposited: 13 Feb 2018 07:50
Last Modified: 13 Feb 2018 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item View Item