Pesan dakwah Band Metal Burgerkill dalam lagu Tiga Titik Hitam: analisis wacana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunus, Alimudin Akbar (2018) Pesan dakwah Band Metal Burgerkill dalam lagu Tiga Titik Hitam: analisis wacana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alimudin Akbar Yunus_B01211006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adapun fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana pesan dakwah pada lagu band metal Burgerkill dalam lagu Tiga Titik Hitam, persoalan yang dikaji didalam penelitian ini adalah lagu dapat dijadikan sarana penyampai pesan termasuk pesan dakwah, meskipun lagu tersebut beraliran keras. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami pesan dakwah band metal Burgerkill yang terdapat pada lagu Tiga Titik Hitam. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh digunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis wacana Van dijk. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis wacana. Hasil penelitian ini bahwa pesan dakwah dalam lagu Tiga Titik Hitam adalah tentang perjalanan menemukan jati diri seorang yang ingin menemukan arti sebenarnya kehidupan serta hidayah dari yang maha kuasa.serta rasa ikhlas, isi pesan dakwah yang menjelaskan bahwa larangan untuk meninggalkan Tuhan, lalu menjelaskan tentang anjuran untuk segera bertaubat dan kembali ke jalan yang di ridhoi oleh Allah apabila kita merasa sudah jauh melangkah meninggalkan perintah dan anjuranNya. Rekomendasi dalam skripsi ini supaya kedepannya dapat menjadi acuan kepada para peneliti-peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji skripsi tentang pesan dakwah yang terdapat dalam lirik-lirik lagu penelitian-penelitian yang membahas tentang konsep media dakwah dalam penyebaran Islam yang lebih kontemporer. Agar pesan dakwah bisa dirasakan oleh kalangan remaja juga, karena remaja sering kali lalai dalam menjalankan hidupnya, dan mereka cenderung malu atau malas mendengarkan ceramah-ceramah agama. Oleh sebab itu, media musiklah yang sangat cocok untuk para remaja dalam penyebaran agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunus, Alimudin Akbaralimudin.yunus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Pesan dakwah; lirik lagu; analisis wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunus Alimudin Akbar
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:36
Last Modified: 14 Feb 2018 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item