Bimbingan konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy dalam menangani negative thinking anak Broken Home kepada ayahnya di Desa Sekarkurung Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Ainun (2018) Bimbingan konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy dalam menangani negative thinking anak Broken Home kepada ayahnya di Desa Sekarkurung Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Sakinah_B73214044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy dalam membantun konseli yang memiliki negative thinking terhadap ayahnya di Desa Sekarkurung Gresik, (2) Bagaimana hasil dari proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Rational Emotive Therapy dalam membantun konseli yang memiliki negative thinking terhadap ayahnya di Desa Sekarkurung Gresik. Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komperatif yang mana konsep teori Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy dipadukan dengan konsep Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy di lapangan dan analisis hasil peneliti membandingkan perilaku konseli sebelum dan sesudah dilakukan proses konseling dengan pendekatan Rational Emotive Therapy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan dan konseling islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy dalam menangani negative thinking anak broken home kepada ayahnya di Desa Sekarkurung Gresik. Untuk menjelaskan proses dan hasil proses tersebut, peneliti menggunakan pendekatan Rational Emotive Therapy pada umumnya akan tetapi peneliti disini juga menggunakan unsur keislaman supaya konseli memahami masalah tidak hanya dari segi umum saja tetapi juga memahami dari segi agama. Sehingga hasil penelitian yang menggunakan Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan Rational Emotive Therapy mampu mengurangi negative thinking anak terhadap ayahnya menjadi pemikiran yang leebih positif (positive thinkin) dan membuat konseli lebih fokus pada kehidupannya yang berperan menjadi tulang punggung keluarga tanpa harus bersikap dan berfikir acuh tak acuh kepada ayahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Ainunkiinapesek@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Broken Home
Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Rational Emotive Therapy; Negataive Thinking
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sakinah Ainun
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:05
Last Modified: 13 Feb 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22940

Actions (login required)

View Item View Item