Pesan dakwah ustadz Hanan Attaki: analisis isi kajian fathi "pegang janji Allah" episode 27 September 2017 via youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pariska, Ulfa Zulfi (2018) Pesan dakwah ustadz Hanan Attaki: analisis isi kajian fathi "pegang janji Allah" episode 27 September 2017 via youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ulfa Zulfi Pariska_B01214011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Hanan Attaki yang bertema Pegang Jani Allah melalui media Youtube. Ada tiga rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini, yaitu (1) Berapa persentase pesan Aqidah yang disampaikan oleh Ustadz Hanan Attaki, (2) Berapa persentase pesan Akhlak yang disampaikan oleh Ustadz Hanan Attaki, (3) Berapa persentase pesan Syariah yang disampaikan oleh Ustadz Hanan Attaki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis isi (content analysis) melalui pendekan kuantitatif deskriptif, yang mana penelitian kuantitatif deskriptif. Menurut Barelson dan Kerlinger, analisis isi merupakan suatu metode untuk mempelajari dan dan menganalisis komunikasi secara sistematik, objektif, dan kuantitatif terhadap pesan yang tampak. Subjek dari penelitian ini adalah dakwah, sedangkan objek yang diteliti adalah akun Kajian Fathi “Pegang Janji Allah”. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data berupa video yang di upload pada akun Kajian Fathi khususnya pada video edisi 27 September 2017 yang bertema Pegang Janji Allah. Dari hasil analisis, peneliti menemukan bahwa isi pesan dakwah pada akun Kajian Fathi yang bertema Pegang Janji Allah dan berdurasi 14.42 menit terdapat 40 pesan dakwah. Berdasarkan pengelompokan pesan yang dibuat menjadi tiga kategori yaitu, pesan aqidah, pesan akhlak dan pesan syariah. Pesan aqidah dengan prosentase sebesar 52,5% dibandingkan dengan pesan akhlak yang berjumlah 35% dan pesan syariah yang berjumlah 12,5%. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pesan yang paling dominan adalah pesan aqidah dengan prosentase 52,5%, lebih dari separuh pesan dakwah yang dibawakan oleh Ustadz Hanan Attaki yang bertema Pegang Janji Allah dengan durasi 14.42 menit adalah pesan aqidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pariska, Ulfa Zulfiulfazulfi.pariska@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Internet
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Media Youtube
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Pariska Ulfa Zulfi
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:23
Last Modified: 14 Feb 2018 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22945

Actions (login required)

View Item View Item