Dakwah melalui musik: analisis isi pesan dakwah lagu "Satu" dalam album Laskar Cinta karya Ahmad Dhani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewa, Dimas Surya Putra (2018) Dakwah melalui musik: analisis isi pesan dakwah lagu "Satu" dalam album Laskar Cinta karya Ahmad Dhani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Surya Putra Dewa_B71214036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kali ini difokuskan untuk menjawab persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu apa saja pesan dakwah yang terkandung pada lagu Satu dalam album Laskar Cinta karya Ahmad Dhani. Untuk melakukan proses identifikasi secara mendalam dan menyeluruh pada persoalan tersebut digunakanlah metode kualitatif. dimana peneliti menerapkan sebuah prosedur penelitian atau metode yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang kami gunakan adalah Analisis isi., yang artinya suatu model yang dipakai meneliti dokumen yang dapat berupa teks gambar, symbol, dan sebagainya, dengan menggunakan metode Etnografi Content Analism peneliti dapat memperoleh data yang dibutuhkan dengan valid. Dari hasil penelitian kali ini, ditemukan bahwa pesan dakwah yang terkandung pada lagu Satu dalam album Laskar Cinta karya Ahmad Dhani adalah yang berhubungan dengan pesan dakwah ketauhidan, diantaranya terdapat tiga macam jenis tauhid, yaitu tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah, dan tauhid asma’ washifat. Untuk mendapatkan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih kompleks maka untuk peneliti berikutknya diharapkan bisa mengkaji karya-karya Ahmad Dhani pada album-album yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewa, Dimas Surya Putraputradimas328@gmail.comB71214036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Dakwah; musik; pesan dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dewa Dimas Surya Putra
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:11
Last Modified: 25 Jan 2022 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22951

Actions (login required)

View Item View Item