Diksi dan gaya bahasa dalam ceramah Hj Ainurrohmah di Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Innayatussolikhah, Innayatussolikhah (2018) Diksi dan gaya bahasa dalam ceramah Hj Ainurrohmah di Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Innayatussolikhah_B91214074.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, difokuskan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana diksi dan gaya bahasa dalam ceramah Hj Ainurrohmah yang meliputi ketepatan dan kesesuaian pilihan kata, makna kata dan jenis gaya bahasa yang digunakan. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa ketepatan kata ceramah Hj Ainurrohmah ditunjukkan dalam pilihan katanya yang lebih memilih kata bermakna denotatif daripada konotatif, dan juga dalam membedakan kata berejaan yang sama Hj Ainurrohmah terlebih dahulu memaparkan penjelasan, sebelum mengucapkan kata yang berejaan sama. Pemilihan kata umum terlebih dahulu setalah itu kata khusus sebagai penjelas. Yang kedua kesesuaian pilihan kata dalam ceramah Hj Ainurrohmah ditunjukkan dengan penggunaan bahasa yang sesuai dengan kultur audien. Hj Ainurrohmah lebih sering menggunakan bahasa jawa dalam ceramahnya. Bahasa yang digunakan yaitu percampuran antara bahasa jawa ngko dan krama. Gaya bahasa yang digunakan dalam ceramah Hj Ainurrohmah beragam, gaya bahasa percapakan, gaya bahasa menengah, dan gaya bahasa Anistesi, repetisi, asonansi, hiperbola, ironi, eufemismus, erotesis, elipsis, simile. Penelitian ini membahas fokus mengenai diksi dan gaya bahasa Hj Ainurrohmah dalam ceramah, oleh sebab itu peneliti selanjutnya, diharapkan untuk melakukan penelitian mengenai gaya retorika (non verbal) dalam ceramah Hj Ainurrohmah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Innayatussolikhah, Innayatussolikhahnaya.solikhah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Diksi; gaya bahasa; Ceramah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Innayatussolikhah Innayatussolikhah
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:39
Last Modified: 14 Feb 2018 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item