Terapi istighfar untuk mengatasi seorang remaja yang suka marah kepada orang tua di Kelurahan Morokrembangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nurul (2018) Terapi istighfar untuk mengatasi seorang remaja yang suka marah kepada orang tua di Kelurahan Morokrembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Faizah_B73214077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alasan peneliti mengangkat kasus tersebut karena adanya fenomena dimasyarakat bahwa seorang remaja suka marah kepada orang tuanya yang menyebabkan hubungan keluarga tidak harmonis. Terinspirasi dengan orang-orang disekitar bahwa ketika ada orang yang sedang marah selalu mengatakan “tenang istighfar”. Oleh karena itu, penulis tertarik menggunakan bacaan istighfar sebagai terapi. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses terapi istighfar untuk mengatasi seorang remaja yang suka marah kepada orang tua di Kelurahan Morokrembangan Surabaya, (2) Bagaimana hasil terapi istighfar untuk mengatasi seorang remaja yang suka marah kepada orang tua di Kelurahan Morokrembangan Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif. Deskriptif komparatif digunakan untuk menganalisis reaksi kemarahan remaja kepada orang tua dengan membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan. Data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Hasil akhir dari proses terapi istighfar untuk mengatasi seorang remaja yang suka marah kepada orang tua di Kelurahan Morokrembangan dalam penelitian ini cukup berhasil, hal tersebut bisa dilihat dari perubahan perilaku klien yang menjadi lebih baik. Sedangkan implikasi dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan kita terutama pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam pada saat melaksanakan proses konseling dengan menggunakan salah satu terapi islam. Untuk pembaca serta penulis, semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan keluarga, supaya bisa menjadi keluarga yang harmonis dan saling menyayangi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nurulfaizah_nurul54@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Remaja
Keywords: Istighfar; marah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Faizah Nurul
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:30
Last Modified: 13 Feb 2018 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22989

Actions (login required)

View Item View Item