Pengaruh bimbingan dan konseling Islam dengan training eksistensi diri terhadap optimisme pemilihan karir siswa kelas XII di MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfitasari, Zeni (2018) Pengaruh bimbingan dan konseling Islam dengan training eksistensi diri terhadap optimisme pemilihan karir siswa kelas XII di MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zeni Zulfitasari_B73214082.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dan perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Training Eksistensi Diri terhadap Optimisme Pemilihan Karir Siswa Kelas XII di MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Penelitian ini penting diteliti karena hasil penelitian ini dapat dijadikan intropeksi diri dan peningkatan optimisme dalam diri siswa agar mereka memiliki keyakinan bahwa mereka berhak menggapai cita-citanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan eksperimen analisis uji-T (Paired Sample T-test). Pengumpulan data menggunakan angket pengambilan sampel, angket pre-test post-test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah 26 siswa kelas XII MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik yang mengalami kebingungan dan pesimis dalam pemilihan karir. Hasil penelitian ini berdasarkan pengujian hipotesis menghasilkan r hitung sebesar 0,5421 sedangkan r tabel sebesar 0,404. Berdasarkan hasil uji T, menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,00 <0,05. Standart uji T menghasilkan 77,8%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara optimisme pemilihan karir siswa kelas XII pada data pre-test dan post-test dan terdapat pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dengan Training Eksistensi Diri terhadap Optimisme Pemilihan Karir Siswa Kelas XII di MA Ihyaul Ulum Dukun Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfitasari, Zenizeni_zulfitasari@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; Training; Eksistensi diri; Optimisme pemilihan karir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zulfitasari Zeni
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:12
Last Modified: 13 Feb 2018 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22994

Actions (login required)

View Item View Item