Pesan dakwah dalam sinetron jodoh wasiat bapak di ANTV episode 194: analisis wacana model Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadani, Vera Marlinda Rafik (2018) Pesan dakwah dalam sinetron jodoh wasiat bapak di ANTV episode 194: analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vera Marlinda Ramadani Rafik_B71214025.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Sinetron bergenre religi Jodoh Wasiat Bapak yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat membuat penulis ingin meneliti lebih lanjut tentang isi pesan dakwah yang terkandung didalamnya. Pada kenyataannya masyarakat hanya menikmati tayangan yang disajikan didalamnya tanpa dapat mencerna dan mengamalkan isi pesan dakwah yang diingin dituangkan didalamnya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: bagaimana isi pesan dakwah yang terdapat dalam sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV episode 194?. Dalam menjawab rumusan masala tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis wacana model Teun A. Van Dijk untuk menganalisis pesan teks komunikasi dalam sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV episode 194. Teknik pengumpulan data yang digunakan riset kepustakaan dan riset lapangan yaitu observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis wacana model Teun A. Van Dijk terdapat enam unsur elemen, yaitu Struktur Tematik, Struktur Skematik, Struktur Semantik, Struktur Sintaksis, Struktur Stilistis, Dan Struktur Retoris.Hasil yang didapatkan dalam penelitian kali ini adalah peneliti menemukan banyak sekali pesan dakwah dalam sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV episode 194 terutama pesan dakwah bersabar menghadapi cobaan dan balasan oleh Allah SWT atas apa yang telah diperbuat sebagaimana direpresentasikan dalam skripsi ini, yang mana tidak lepas dari enam unsur analisis wacana dari Teun A. Van Dijk yang disebutkan diatas, akan tetapi disini peneliti lebih menekankan terhadap tiga struktur, yaitu Struktur Tematik, Struktur Skematik dan Struktur Semantik. Penulis berharap dengan ditulisnya skripsi dengan judul Pesan Dakwah Dalam Sinetron Jodoh Wasiat Bapak di ANTV Episode 194 (Analisis Wacana) ini dapat memberikan banyak manfaat kepada semua pembaca dalam hal intelektual dan wawasan. Dan penulis member rekomendasi terhadap pembaca agar lebih mencari literatur dalam video shooting karena dalam penelitian kali ini penulis tidak terlalu membahas mengenai hal tersebut. Bagaimana metode dakwah yang ditonjolkan dalam sinetron ini?, dan yang bisa didapat dari sinetron ini. atau kajian tentang pengaruh sinetron “Jodoh Wasiat Bapak” dapat dkaji oleh peneliti berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadani, Vera Marlinda Rafikvera.marlinda.vm10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Pesan; Dakwah; Sinetron; analisis wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rafik Vera Marlinda Ramadani
Date Deposited: 13 Feb 2018 09:03
Last Modified: 13 Feb 2018 09:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23007

Actions (login required)

View Item View Item