Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa SMP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Afifah (2018) Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Afifah_D74213047.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Model–Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Model –Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis lebih tinggi daripada disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pendekatan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis, serta variabel terikat berupa kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo pada tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel siswa kelas VIII C dan VIII B. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan representasi matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) Berstruktur Antisipasi Didaktis lebih tinggi dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensioanal; (2) tingkat disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Pembelajaran ModelEliciting Activities (MEAs) Berstruktur Antisipasi Didaktis lebih tinggi dari pada tingkat disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensioanal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, AfifahAfifahtok11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Model-Eliciting Activities (MEAs); antisipasi didaktis; representasi; disposisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifah Afifah
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:49
Last Modified: 28 Aug 2018 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item