السبك النصي في رواية "أشباح الجحيم" لياسمينة خضرا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Choirun (2018) السبك النصي في رواية "أشباح الجحيم" لياسمينة خضرا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choirun Nisa'_A91214089.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil objek sebuah novel karya Yasmina Khadra, seorang sastrawan keturunan Aljazair yang telah menulis banyak buku. Novel ini menceritakan tentang situasi pelik dan ketajaman peristiwa kekerasan akibat perang antar negara, yang mana seorang pemuda terpaksa hengkang dari Universitas Baghdad saat Amerika menyerbu Irak. Sebuah karya sastra dapat dianalisis dari berbagai sudut pandangnya, termasuk dalam memahami pemaknaan suatu unsur yang membahas tentang keserasian dan keterkaitan hubungan struktural antara satu ujaran dengan ujaran lain. Unsur ini disebut dengan kohesi, yakni suatu konsep semantik yang mengacu kepada hubungan makna yang ada dalam suatu wacana yang ditandai dengan referensi, substitusi, ellipsis, konjungsi, repetisi dan kolokusi. Sedangkan kohesi dibagi menjadi dua yaitu, kohesi gramatikal dan leksikal. Adapun dalam penelitian ini memfokuskan novel sebagai objek penelitian yang akan mengkaji kohesi gramatikal dan leksikal. Dari latar belakang tersebut, rumusan masalah yang menjadi acuan dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana bentuk kohesi gramatikal dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra?, dan 2) Bagaimana bentuk kohesi leksikal dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra? Dengan adanya rumusan masalah tersebut akan memicu tujuan penelitian yakni: 1) Untuk mengetahui bentuk kohesi gramatikal dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra. 2) Untuk mengetahui bentuk kohesi leksikal dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, sebagaimana data yang diperoleh merupakan teks dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra. Dengan sumber data adalah novel. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis teks. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra. terdapat unsur-unsur kohesi gramatikal, antara lain: referensi (al-Ihalah) berjumlah 112, substitusi (al-Istibdal) berjumlah 1, ellipsis (al-Hadzfu) berjumlah 3 dan konjungsi (al-Washlu) berjumlah 137. Sedangkan unsur-unsur kohesi leksikal yang terdapat dalam novel ashbahul jahiim karya Yasmina Khadra., antara lain: repetisi (at-Tikroru) sebanyak 3 dan kolokusi (al-Mashahabah al-Mu’jamiyah) sebanyak 5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Choirunchoirunnisa257@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kohesi; analisis teks; novel Ashbahul Jahiim; kohesi gramatikal; kohesi leksikal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nisa' Choirun
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:14
Last Modified: 14 Feb 2018 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23011

Actions (login required)

View Item View Item