Pengaruh konseling Istighfar dalam meningkatkan motivasi hidup pasien Gagal Ginjal di Simowau Indah F.45 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulestyowati, Evi (2018) Pengaruh konseling Istighfar dalam meningkatkan motivasi hidup pasien Gagal Ginjal di Simowau Indah F.45 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Sulestyowati_B93214085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah (1) Adakah pengaruh konseling istighfar dalam meningkatkan motivasi hidup paien gagal ginjal di Simowau Indah F.45 Sidoarjo?. Penelitian ini menjelaskan pengaruh konselingistighfardalam meningkatkan motivasi hidup pasien di SimowauIndah F/45 Sidoardjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan quasi eksperimen menggunakan analisa rumus treatmen by subjek. Dalam menganalisa proses konseling istighfar dalam meningkatkan motivasi hidup pasien gagal ginjal data yang digunakan berupa tabulasi dari hasil angket yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa 1. Proses pelaksanaan konseling istighfar dalam meningkatkan motivasi hidup pasien gagal ginjal di Simowau Indah F.45 Sidoarjo dengan 5 langkah seperti identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment/terapi dan follow up yang kemudian sebelum diberikan treatmen klien diberikan posttest untuk mengukur. Didalam pelaksanaan konseling istighfar ada beberapa tahapan : a. Niat, penuh dengan pengharapan kepadaAllah SWT. b. Klien membacanyadalam keadaan suci. c. Dibacaketikaselesai sholat subuh dan ashar. d. Ketikamembacadisertakan dengan maknanya. e. Dibacadengan khusyu’,penuh keyakinan kepadaAllah Swt. f. Serta klien dapat membaca kalimat istighfar pendek. 2. Hasil akhir proses treatmen dengan konsling istighfar dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentasi yang didapatkan setelah treatmen yaitu 0,147 dan dapat dilihat pada tabel koefisien pengaruh yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang sangat rendah dalam meningkatkan motivasi hidup pasien gagal ginjal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulestyowati, Evityowati.sulis60@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi Islam
Keywords: Istighafar; motivasi; gagal ginjal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sulestyowati Evi
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:53
Last Modified: 13 Feb 2018 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item View Item