Penerapan strategi Guided Note Taking dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Asma Al Amrad di kelas III A MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Nur (2018) Penerapan strategi Guided Note Taking dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Asma Al Amrad di kelas III A MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Oktaviani_D97214115.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak yang rendah pada mata pelajaran bahasa Arab di MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo merupakan awal dari adanya penelitian ini. Peserta didik yang lebih asyik main sendiri ketika proses pembelajaran, penggunaan metode ceramah, serta kurangnya media lain yang digunakan dalam pembelajaran merupakan alasan adanya penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Arab. Strategi guided note taking diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam keterampilan menyimak dengan menggunakan skema (handout) dan media audio visual berdasarkan materi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan strategi guided note taking dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Arab materi Asma al-Amrad} di kelas III A MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan menyimak melalui strategi guided note taking pada mata pelajaran bahasa Arab materi Asma al-Amrad} di kelas III A MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi guided note taking dapat meningkatkan aktivitas guru dengan skor perolehan 80,68 dan dinyatakan dengan kategori baik (B) pada siklus I dan meningkat menjadi 91,66 dan dinyatakan dengan kategori sangat baik (A) pada siklus II. Diaktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh skor 78,57 dan dinyatakan dengan kategori cukup (C) ke siklus II memperoleh skor 88,46 dengan kategori baik (B). 2) Peningkatan keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Arab materi Asma al-Amrad berdasarkan hasil tes mendapat rata-rata nilai sebesar 68,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,5% dan dinyatakan dengan kategori cukup (C) pada siklus I. Disiklus II rata-rata nilai hasil tes sebesar 79,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,5% dan dinyatakan dengan kategori baik (B).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Nurlili.nuroktaviani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Guided Note Taking; keterampilan menyimak; mata pelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Oktaviani Nur
Date Deposited: 13 Feb 2018 07:22
Last Modified: 13 Feb 2018 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23024

Actions (login required)

View Item View Item