Hubungan pola kelekatan antara ibu dan anak dengan kecerdasan emosional pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Afi Nur (2018) Hubungan pola kelekatan antara ibu dan anak dengan kecerdasan emosional pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Afi Nur Rohmah_B73214057.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Korelasi Pola Kelekatan Antara Ibu dan Anak dengan Kecerdasan Emosional pada Madrasah Tsanawiyah Al-Urwatul Wutsqo. Persoalan yang diangkat adalah korelasi pola kelekatan dengan kecerdasan emosional yang dialami oleh remaja, permasalahan ini adalah serius dan penting untuk dikaji dalam bidang bimbingan dan konseling Islam untuk dapat memberikan arahan dan bantuan. Salah satu factor yang mempengaruhi kecerdasan emosi seorang remaja adalah lingkungan keluarga, terutama seorang Ibu yang menjadi pendidik pertama bagi anak-anaknya. Melalui bimbingan, kasih sayang, hubungan yang aman (Secure Attachment), akan menjadi modal dasar pembelajaran seorang remaja untuk mengalami emosional yang baiks dan menjalankan ke dalam kehidupan sosial remaja. Adapun hasil dari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola kelekatan dengan kecerdasan emosi pada remaja. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanaiyah Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala polakelekatan dan skala kecerdasan emosi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier variabel dummy. Dari hasil perhitungan menggunakan teknik analisis regresi linier variabel dummy, diperoleh p-value 0,188 > 0,05 dan F hitung = 1,750 < dari F tabel = 3,9146 serta R sebesar 0,116. Hal ini berarti pola kelekatan kurang dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi kecerdasan emosi pada remaja. Tingkat signifikansi p-value 0,188 (p>0,005) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pola kelekatan dengan kecerdasan emosi pada remaja. Analisis data menunjukkan nilai R Square sebesar 0,013. Angka tersebut mengandung pengertian bahwa dalam penelitian ini, pola kelekatan memberikan sumbangan efektif sebesar 1.3% terhadap kecerdasan emosi pada remaja. Hal ini berarti masih terdapat 98,7% faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan emosi pada remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Afi Nurafi_nurvairish@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Pola kelekatan; Ibu dan anak; Kecerdasan emosional
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rohmah Afi Nur
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:30
Last Modified: 13 Feb 2018 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23027

Actions (login required)

View Item View Item