Implementasi strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fudllah, Ni'matul (2018) Implementasi strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matul Fudllah_D04211032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini dilandasi oleh perkembangan matematika dibidang teori bilangan, analisis, peluang, dan matematika diskrit. Berkaitan dengan permasalahan ini, diperlukan strategi pembelajaran aktif yang mampu membuat siswa berkembang daya nalarnya, logis dan sistematis. Melihat kondisi pembelajar yang seringkali pasif ketika menerima pelajaran Matematika, maka peneliti mencoba menerapkan Strategi pembelajaran practice rehearsal pairs, karena strategi pembelajaran ini dapat membuat siswa lebih aktif. Tujuan penelitian ini: 1)mendeskripsikan aktivitas siswa dalam strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dalam pembelajaran matematika. 2)Mendeskripsikan aktivitas guru dalam strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dalam pembelajaran matematika. 3)Mendeskripsikan respon siswa dalam strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dalam pembelajaran matematika. 4)Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam strategi pembelajaran practice rehearsal pairs dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP IT Subulul Huda Kembangsawit Madiun pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018”. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs hasil dalam penelitian ini yaitu aktivitas siswa yang paling dominan adalah mengerjakan LKS secara berkelompok dan berdiskusi dengan pasangan kelompok kenapa demikian, karena penelitian ini memang berfokus pada strategi yang menekankan pada diskusi kelompok, sebesar 21,86%; aktivitas guru baik memiliki rata-rata 3,98; respon siswa dengan rata-rata 88,24% masuk dalam kriteria setuju dengan pembelajaran ini; hasil belajar pun juga baik karena 64,71% siswa tuntas dalam KKMnya. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP IT Subulul Huda Kembangsawit Madiun telah memahami materi yang disajikan dengan pembelajaran matematika dengan strategi Practice Rehearsal Pairs.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fudllah, Ni'matulnikmahtul2393@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Strategi Pembelajaran; Practice Rehearsal Pairs; Praktek Belajar Berpasangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fudllah Ni'matul
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:06
Last Modified: 14 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23030

Actions (login required)

View Item View Item