Efektifitas metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTS Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Suci Rahma (2018) Efektifitas metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTS Bi'rul Ulum Gemurung Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Rahma Sari_D71214081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suci Rahma Sari, D71214081, 2018. Efektifitas Metode Qishah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing 1: Moh. Faizin, M.Pd.I, Pembimbing 2: Drs. Sutikno, M.Pd.I.
Skripsi ini meneliti tentang Efektifitas Metode Qishah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan. Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya pendidikan karakter guna menyeimbangkan aspek kognitif dan aspek afektif serta aspek psikomotorik peserta didik melalui metode yang sesuai. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana penerapan metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan, Bagaimana karakter peserta didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan, serta Bagaimana efektifitas metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan. Penelitian ini dilakukan di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu rumus prosentase dan rumus product moment.
Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis, maka diperoleh jawaban bahwa penerapan metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan adalah tergolong “Baik”. Hal ini terbukti hasil wawancara, observasi dan juga angket yang sudah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 95,2% yakni berada diantara 65% - 100%. Bahwa karakter peserta didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan tergolong “Baik” yang terbukti dari angket yang telah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 73,725% yang berada diantara 65% - 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan berlangsung efektif. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang diperoleh adalah 0,40329 lebih besar dari pada rtabel, baik pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,248 maupun pada taraf signifikansi 1% dengan nilai 0,368. Dan selanjutnya di uji dengan tes t dengan df=48 dihasilkan thitung = 3,05331 lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Adapun keefektifan yang ditimbulkan adalah tergolong “cukup/sedang”, hal ini berdasarkan “rxy” dengan nilai 0,40329 terletak antara 0,40-0,70. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Artinya bahwa penerapan metode Qishah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak efektif dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Bi’rul Ulum Gemurung Gedangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Suci Rahmasucirachma62@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Qishah; Akidah Akhalak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Suci Rahma
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:41
Last Modified: 15 Feb 2018 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23032

Actions (login required)

View Item View Item