Efektivitas terapi shalat bahagia untuk meningkatkan kekhusyu'an shalat mahasiswa Matematika semester III Fakultas Sains dan Tekonologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majid, Norma (2018) Efektivitas terapi shalat bahagia untuk meningkatkan kekhusyu'an shalat mahasiswa Matematika semester III Fakultas Sains dan Tekonologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Norma Majid_ B53214030.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas terapi shalat bahagia untuk meningkatkan kekhusyukan shalat mahasiswa Matematika Semester III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi ini membahas tentang cara meningkatkan kekhusyu’an shalat mahasiswa Matematika Semester III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan metode pelaksanaan terapi shalat bahagia. Sehingga dalam menjawab permasalahan di atas, maka peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan eksperimen sebagai desain. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 35 santriwati diambil dari 50% jumlah populasi yaitu 75 mahasiswa Matematika semester III. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kuesioner tertutup untuk memperoleh data variabel Y kekhsuyu’an shalat. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-T (Paired Sampel T Test). Sebelum dianalisa, dilakukan proses treatment kepada responden dengan metode muhasabah diri setelah mengetahui dan melaksanakan terapi shalat bahagia. Kemudian mengaplikasikan nasehat-nasehat yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari. Langkah selanjutnya yaitu melihat ada atau tidaknya pengaruh terapi shalat bahagia dalam peningkatan kekhusyu’an shalat para responden. Dengan melihat hasil uji-T menunjukkan bahwa nilai sig. Sebesar 0,000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 sesuai dasar pengambilan keputusan Paired Sample T Test, maka hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari Terapi Shalat Bahagia Untuk Meningkatkan Kekhusyukan Shalat Mahasiswa Matematika Semester III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majid, Normanmajid717@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Salat
Keywords: Terapi sholat bahagia; kekhusyu'an shalat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Majid Norma
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:53
Last Modified: 13 Feb 2018 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23036

Actions (login required)

View Item View Item