Pengaruh muatan lokal dan kajian rutinan terhadap kemampuan siswa membaca kitab kuning di SMP Unggulan Al-Falah Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Zahrotun (2018) Pengaruh muatan lokal dan kajian rutinan terhadap kemampuan siswa membaca kitab kuning di SMP Unggulan Al-Falah Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nafisah_D71214053.pdf

Download (12MB)

Abstract

Sekolah berbasis fullday school kini marak bermunculan. Begitu halnya sekolah berbasis pesantren, banyak sekali sekolah yang didirikan dengan basis kepesantrenan. Sekolah yang berbasis pesantren kerap kali menggunakan metode-metode dan juga kebiasaan-kebiasaan yang sama dengan dunia pesantren. Seperti penggunaan kitab kuning dalam pembelajaran atau kegiatan-kegiatan tambahan sekolah yang tercakup dalam kurikulum muatan lokal. Penggunaan kitab kuning ini tidak hanya selain untuk mengenalkan dunia pesantren tetapi juga mengenalkan bagaimana cara membaca kitab kuning kepada siswa. Dalam skripsi ini ada 4 hal yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan muatan lokal? (2) Bagaimana pelaksanaan kajian rutinan? (3) Bagaimana kemampuan membaca kitab kuning siswa SMP Unggulan Al-Falah Buduran Sidoarjo? (4) Bagaimana pengaruh muatan lokal dan kajian rutinan terhadap kemampuan siswa membaca kitab kuning di SMP Unggulan Al-Falah Buduran Sidoarjo?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linear berganda dan uji signifikansi (p-Value). Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis hasil menunjukkan bahwa : (1) Implementasi muatan lokal baik, terbukti dari angket hasil prosentasenya 52% (2) implementasi kajian rutinan juga baik, terbukti dari hasil prosentasenya 42% (3) kemampuan membaca kitab kuning siswa baik, terbukti dari angket hasil prosentasenya 50% dan dikuatkan dengan hasil tes dengan nilai rata-rata 78 yakni masuk ke dalam kategori baik (4) Terdapat pengaruh yang kurang antara muatan lokal dan kajian rutinan terhadap kemampuan siswa membaca kitab kuning, terbukti dari hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan hasil korelasi dua variabel tersebut menunjukkan 0,688, bila diprosentasikan 68,8% yang tergolong hubungan yang cukup kuat. variabel muatan lokal dan kajian rutinan berpengaruh terhadap kemampuan siswa membaca kitab kuning sebanyak 68,8%, sisanya sebesar 31,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Faktor-faktor lain yang memungkinkan meningkatkan kemampuan siswa membaca kitab kuning adalah seperti strategi pembelajaran,motivasi belajar, faktor keluarga dan sarana prasarana pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Zahrotunnafisahzahrotun645@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Muatan Lokal; Kajian Rutinan; Kemampuan Siswa Membaca Kitab Kuning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nafisah Zahrotun
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:41
Last Modified: 14 Feb 2018 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23053

Actions (login required)

View Item View Item