Dakwah ustad Setijono: analisis wacana pesan dakwah Tuen A Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghoni, Abdul (2018) Dakwah ustad Setijono: analisis wacana pesan dakwah Tuen A Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Ghoni_B01214001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Isi Pesan Dakwah Ustad Setijono dengan menggunakan analisis wacana Teun van A Dijk, yang mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana isi pesan dakwah Ustad Setijono dalam pengajian rutinan yang di adakan diKampung Malang Tengah Surabaya. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh digunakan pengumpulan data wawancara dan observasi, fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana membangun isi pesan dakwah Ustad Setijono melalui analisis wacana, untuk menjawab hal tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana model Teun Van A Dijk, dimana dalam analisis ini menggunakan enam struktur elemen yaitu : Struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retorisnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa yang di analisis menggunakan elemen wacana Van Dijk, yaitu membahas tentang mempersiapkan bekal kita di akhirat, yang menerangkan tentang tafsir surat Al-Hasyr Ayat 18, yang mana dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah yang terkandung didalam isi pesan teks adalah tentang Akidah yaitu Pesan beriman kepada Allah SWT dengan cara berdzikir, dan pesan syariah nya yaitu agar manusia selalu membaca Al-Quran, dan yang terakhir isi pesan dakwah dalam Mencintai keluarga, dengan cara mengajak mereka untuk senantiasa menjaga amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dari kesimpulan tersebut, peneliti memberikan saran bahwa hendaknya seorang pendakwah menyampaikan materi tentang agama Islam secara benar, yang berdalil Al-Quran dan Hadis shohih, dengan menggunakan bahasa yang ringan dan dapat di mengerti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghoni, Abdulghoni5588@gmail.comB01214001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; analisis wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ghoni Abdul
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:22
Last Modified: 25 Jan 2022 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23068

Actions (login required)

View Item View Item