Komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa SMK TPI Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq F., Rahmah Mawizha (2018) Komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa SMK TPI Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahmah Mawizha Haq F_B76214049.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada skripsi ini persoalan yang akan dikaji mencakup satu rumusan masalah, yaitu : bagaimana komunikasi interpersonal Guru dalam memotivasi Belajar siswa SMK TPI Gedangan Sidoarjo, Apa saja hambatan dan pendukung Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa SMK TPI Gedangan Sidoarjo? Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data pada penelitian ini yakni dengan malakukan reduksi data, display kemudian verifikasi agar relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk pesan Guru yang disampaikan untuk memotivasi belajar siswa yakni berupa komunikasi interpersonal yang bersifat persuasif dimana guru mengarahkan siswa kepada minat belajar yang tinggi merupakan salah satu penerapan cara didik antara guru kepada siswa. Pesan yang disampaikan bersifat persuasif dalam komunikas interpersonal akan memudahkan interaksi terhadap komunikan dalam proses pemahaman. Baik komunikasi secara langsung (tatap muka) ataupun tidak langsung (melalui media), komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi yang dilakukan Guru bersifat konseling dan ramah ketika guru melakukan komunikasi yang bersifat keras dan mengintrogasi guru cenderung tidak menemukan kesulitan yang dirasakan siswa sehingga menyebabkan menyampaikan pesannya yang terkait dengan motivasi belajar siswa. guru merasa kesulitan berkomunikasi ketika tidak ada sinergi dalam pribadi siswa sehingga menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan efektif selain itu faktor noise ketika berkomunikasi dengan siswa dalam kelas dan suasana kelas gaduh menyebabkan guru harus mengulang kembali pesannya sehingga menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq F., Rahmah Mawizharahmahizha10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Motivasi Belajar
Keywords: Komunikasi interpersonal guru; motivasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Haq F. Rahmah Mawizha
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:50
Last Modified: 14 Mar 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item View Item