Studi tentang kristen ortodoks Yunani di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Lufiani (2018) Studi tentang kristen ortodoks Yunani di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lufiani Lestari_E02213015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mencari jawaban dari rumusan masalah tentang Sejarah dan Keberadaan Kristen Orthodox Yunani di Surabaya, Konsep Theologi serta Ritual Ibadah yang meliputi Tradisi Liturgi dan Tradisi Non-Liturgi Kristen Ortodoks Yunani di Surabaya tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian field research, dan metode analisa data bersifat non-statistik. Subjek penelitian ini adalah umat Kristen Otodoks Yunani di Chapel Js.Nikolaos, Wiyung-Surabaya. Data yang diperoleh dari penelitian ini berasal dari hasil Interview, wawancara, dokumentasi dan Library research yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu memberikan gambaran dari hasil penelitian di lapangan. Romo Yohanes Bambang Cahyo Wicaksono, merupakan orang pertama yang mengenalkan ajaran Kristen Orthodox Yunani di Surabaya. Di sanalah beliau berhasil membentuk sebuah komunitas dan berhasil mendirikan tempat ibadah (Chapel), hingga kini pengikutnya telah mencapai 50 jamaah. Chapel tersebut dinamai dengan Chapel Js. Nikolaos yang berlokasi di jl. Taman Pondok Indah Blox X 2/3, Wiyung, Surabaya. Di situlah Presbiter Yohanes menyebarkan ajarannya. Di dalam Ritual Ibadahnya, Kristen Orthodox Yunani mirip dengan Islam, dimana ibadah tersebut meliputi Sembahyang tujuh kali, Puasa, Perpuluhan (zakat), dan Hajj yang dikatagorikan dalam nama Tradisi Non-Liturgi. Dan juga memiliki tradisi Liturgi seperti perjamuan kudus pada perayaan Paskah, Natal dan hari besar lainnya. Seseorang yang ingin masuk Kristen Orthodox tidak langsung dibaptis, mereka diberi penjelasan/wawasan terlebih dahulu tentang ajaran Kristen Orthodox, jika sudah merasa yakin dan bersedia menjadi umat Kristen Orthodox barulah dibaptis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, LufianiFanimuslimah@gmail.co0mUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Aliran dan Sekte
Kristen
Keywords: Theologi; Liturgi; Kristen Orthodox Yunani
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Lestari Lufiani
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:26
Last Modified: 13 Feb 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item