Implementasi pembelajaran ASWAJA dalam pembentukan perilaku ssosial dan keagamaan peserta didik: studi multikasus di SMA NU Sumenep dan SMA Pesantren Al-In'am Gapura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanto, Ibni (2018) Implementasi pembelajaran ASWAJA dalam pembentukan perilaku ssosial dan keagamaan peserta didik: studi multikasus di SMA NU Sumenep dan SMA Pesantren Al-In'am Gapura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ibniyanto_F03213067.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Aswaja di lingkungan pendidikan yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, baik secara struktural maupun kultural, sudah selayaknya diajarkan. Sebab, Aswaja adalah metode berpikir (Minhaj al-Fikr) dalam melihat segala persoalan kehidupan keummatan. Cara pandang ini akan mengarahkan warga Nahdliyin dalam bertindak dan berperilaku sosial dan keagamaan. Salah satu point penting yang mesti diinternalisasi terhadap generasi muda Nahdlatul Ulama, adalah cara pandang yang inklusif dalam melihat persoalan yang ditimbulkan dari gesekan paradigmatik tentang keislaman. Paradigma pemikiran Aswaja bertumpu pada sumber ajaran Islam; al-Qur’an, al-Sunnah, al-Ijma’, dan Qiyas. Sementara pada tataran praktik, mengikuti paham al-Asy’ari dan al-Maturidi dalam bidang teologi, mengikuti salah satu dari empat imam mazhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali) dalam bidang Fiqih, dan mengikuti Imam Junaid al-Baghdadi dan Imam al-Ghazali dalam bidang tasawuf. Dalam kajian penelitian ini, termasuk jenis penelitian studi kasus. Sebuah penelitian yang mengkaji fenomena atau peristiwa yang terjadi, yang kemudian dijadikan objek penelitian. Sementara metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Yakni, suatu penelitian dengan metode ilmiah untuk mengungkapkan suatu fenomena dengan cara membongkar data dan fakta melalui kata-kata secara menyeluruh terhadap subjek penelitian. Objek penelitian fokus pada tiga rumusan masalah, yaitu; Pertama, Bagaimana perencanaan pembelajaran Aswaja di SMA NU Sumenep dan SMA Pesantren Al-In’am Gapura Sumenep? Kedua, Bagaimana implementasi pembelajaran Aswaja di SMA NU Sumenep dan SMA Pesantren Al-In’am Gapura Sumenep? Ketiga,Bagaimana dampak pembelajaran Aswaja terhadap perilaku sosial dan keagamaan peserta didik di SMA NU Sumenep dan SMA Pesantren Al-In’am Gapura Sumenep? Adapun temuan lapangan yang didapatkan dari penelitian adalah; dalam perencanaan pembelajaran kedua lembaga, yakni SMA NU Sumenep dan SMA Pesantren Al-In’am telah memenuhi syarat sebagaimana yang diinginkan dan mengalami adanya kesamaan. Yang membedakan hanyalah kapasitas masing-masing guru mata pelajaran Aswaja. Sementara dalam hal implemenatsi pembelajaran, kedua lembaga tersebut masih kurang maksimal terkait dengan penggunaan media pembelajaran. Kedua lembaga itu belum memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai, yang mendukung terhadap proses pembelajaran berkualitas. Kaitannya dengan dampak pembelajaran Aswaja secara perilaku sosial dan keagamaan, sangat nampak terlihat. Hal ini terbukti dengan pola komunikasi yang terjadi antara sesama peserta didik, antara guru dengan pesertta didik dan peserta didik dengan lingkungan sekolah. Secara perilaku keagamaan, juga terlihat dari antusiasnya peserta didik untuk mengikuti kegiatan shalat berjamaah sebagai bagian dari kegiatan untuk merangsang peserta didik tata terhadap perintah agamanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanto, Ibniibniyantoi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Implementasi; Aswaja; perilaku sosial dan keagamaan; SMA NU Sumenep; SMA Pesantren Al-In’am Gapura Sumenep
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ibniyanto Ibniyanto
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:25
Last Modified: 14 Feb 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23088

Actions (login required)

View Item View Item