Pembinaan Saudara Baru (Muallaf) di Harakah Islamiah (HIKMAH) Kuching, Sarawak 1994-2017M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Razali, Ardika Bin (2018) Pembinaan Saudara Baru (Muallaf) di Harakah Islamiah (HIKMAH) Kuching, Sarawak 1994-2017M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ardika Bin Razali_A42213101.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul, “Pembinaan Saudara Baru (Muallaf) Di Harakah Islamiah (HIKMAH) Kuching, Sarawak 1994-2017M”. Dalam skripsi ini ada tiga perkara yang diangkat sebagai rumusan masalah: (1) Bagaimana sejarah berdirinya HIKMAH, (2) Bagaimana perkembangan pembinaan Saudara Baru di HIKMAH dari tahun 1994 hingga 2017, (3) Apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat HIKMAH. Penulisan Skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan metode historis untuk mendeskripsikan sejarah lahirnya HIKMAH yaitu melalui tahapan Heurisik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Dalam skripsi ini mengunakan pendekatan historis untuk mengungkapkan kronologis bagaimana peristiwa masa lampau terjadi. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori sosiologi supaya dapat mengetahui peran HIKMAH yang menurut penulis mempunyai relevansi dengan teori Auguste Comte dan Max Weber yang menguraikan secara rini masalah-masalah yang berhubungan dengan HIKMAH dari bermula sejarahnya dan sosial pada masyarakat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa: (1) Sejarah berdirinya HIKMAH adalah karena faktor pentingnya sebuah badan atau organisasi diwujudkan berperan sebagai koordinator untuk kegiatan serta program dakwah yang bersifat pelbagai, menjadi wadah yang dapat menyelesaikan masalah yang timbul serta menyelaraskan kegiatan badan-badan dakwah agar bergerak seiring dengan kebijakan sistem negara. (2) Perkembangan pembinaan Saudara Baru HIKMAH merupakan gerakan dakwah Islam yang berfokus kepada dakwah, tarbiyah, aktivitas-aktivitas dan mendidik para belia dan remaja untuk kesinambungan dakwah yang berterusan. (3) Antara salah satu faktor utama yang mendukung HIKMAH adalah karena desakan di dalam pemerintah Malaysia yang melihat kondisi organisasi atau badan dakwah yang lain yang tidak tersusun dan tidak sesuai dengan kebijakan sistem pemerintah dan setelah kemerdekaan, jumlah penduduk yang semakin bertambah, masalah pendekatan, tantangan menangani masalah dalam umat Islam, pertentangan dengan lain-lain ideologi dan kepercayaan adalah antara hambatan HIKMAH hingga sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Razali, Ardika Binardikakaka55@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects:
Keywords: Muallaf; Harakah Islamiah; Kuching; Sarawak
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Razali Ardika bin
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:05
Last Modified: 15 Feb 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item