Studi kasus minat baca anak di taman baca kampung pemulung Kalisari Damen Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Wahyuni Endah (2018) Studi kasus minat baca anak di taman baca kampung pemulung Kalisari Damen Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyuni Endah Maulidia_D91214104.pdf

Download (7MB)

Abstract

Membaca merupakan hal yang utama dalam pendidikan. Menumbuhkan minat baca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak masih kecil. Taman bacaan menjadi salah satu faktor yang dapat menumbuhkan minat baca pada anak. Sebagai upaya menumbuhkan minat baca seorang mahasiswa turut membantu dengan mendirikan taman baca di sebuah kampung padat penduduk dengan rata-rata berpenghasilan sebagai pemulung. Peneliti ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui studi kasus minat baca anak di taman baca kampung pemulung kalisari damen Surabaya. Aspek-aspek yang menjadi fokus adalah: (1) Bagaimana minat baca anak di taman baca kampung pemulung kalisari damen Surabaya ? (2) Apa saja faktor-faktor yang mendorong minat baca anak di taman baca kampung pemulung kalisari damen Surabaya ? (3) bagaimana upaya taman baca kampung pemulung kalisari damen dalam meningkatkan minat baca anak melalui program-program yang dilaksanakan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan sutdi kasus. Pengumpulan data yang dilaksanakan dengan cara (1) wawancara, (2) Obeservasi, (3) Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) Reduksi data, (2) Penyajian Data, (3) Kesimpulan/Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) minat baca anak di taman baca kampung pemulung kalisari damen Surabaya dapat dikatakan dalam keadaan cukup baik. (2) Faktor-faktor yang mendorong minat baca anak di taman baca kampung pemulung kalisari damen Surabaya diantaranya adalah faktor keluarga, bakat, jenis kelamin, tingkat pendidikan, keadaan kesehatan, kebiasaan anak, buku bacaan yang manarik, dan hadiah. (3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak di taman baca kampung pemulung kalisari damen Surabaya diantaranya adalah memperbaiki sarana dan prasarana, memberikan susu setiap minggu, menambah koleksi buku, mengadakan kompetisi, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Wahyuni Endahwahyuniendahmaulidia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Minat Baca Anak; Taman Bacaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidia Wahyuni Endah
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:05
Last Modified: 15 Feb 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item