(السبك النصي في سورة الواقعة (دراسة تحليلية نصية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdhausya, Riska (2018) (السبك النصي في سورة الواقعة (دراسة تحليلية نصية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riska Firdhausya_A91214123.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab paling spektakuler di dunia. Jika biasanya buku mengandung perkataan pengarangnya, Al-Qur’an pun mengandung firman Sang Pencipta yang tiada duanya. Selain itu, bahasa yang digunakan di dalamnya pun sangat indah sehingga mampu mempengaruhi diri setiap pembacanya. Dan dalam membaca suatu teks termasuk Al-Qur’an, hal yang perlu diperhatikan adalah hubungan suatu kata, kalimat maupun paragraph dengan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan untuk mengupas makna yang dikandung di dalam teks tersebut.
Maka dari itu, dalam memahami sebuah teks terutama dalam al-Qur’an, diperlukan pemaknaan suatu unsur yang membahas tentang keserasian dan keterkaitan hubungan structural antara satu ujaran dengan ujaran lain. Unsur ini disebut dengan kohesi, yakni suatu konsep semantik yang mengacu kepada hubungan makna yang ada dalam suatu wacana yang ditandai dengan pemarkah, seperti referensi, substitusi, ellipsis, konjungsi, repetisi dan kolokusi. Unsur kohesi dibagi menjadi dua menurut keberadaannya, yakni kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Adapun dalam penelitian ini difokus kanpada satu objek berupa surat al-Qur’an yaitu Surat al-Waqi’ah dengan analisis bentuk kohesi gramatikal dan kohesi leksikal.Dari latar belakang tersebut, lahirlah dua rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini, yakni: 1) Bagaimana bentuk kohesi gramatikal dan kohesi leksikal dalam Surat al-Waqi’ah?, dan 2) Bagaimana rincian bentuk kohesi gramatikal dan kohesi leksikal dalam Surat al-Waqi’ah?. Dengan rumusan masalah tersebut maka muncul tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bentuk kohesi gramatikal dan kohesi leksikal dalam Surat al-Waqi’ah, dan 2) Untuk mengetahui rincian bentuk kohesi gramatikal dan kohesi leksikal dalam Surat al-Waqi’ah.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, sebagaimana data yang diperoleh merupakan teks dalam Surat al-Waqi’ah. Dengan sumber data adalah al-Qur’an al-Karim. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah kajian analisis teks.Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalamSurat al-Waqi’ah terdapat unsur-unsur kohesi gramatikal, antara lain: referensi (al-Ihalah) berjumlah126, substitusi (al-Istibdal) berjumlah3, ellipsis (al-Hadzfu) berjumlah26dankonjungsi (al-Washlu) berjumlah69. Sedangkan unsur-unsur kohesi leksikal yang terdapat dalam Surat al-Waqi’ah, antara lain: repetisi (at-Tikroru) sebanyak27dankolokusi (al-Mashahabah al-Mu’jamiyah) sebanyak18.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdhausya, Riskariskafirdausya@gmail,comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kohesi, Analisis Teks, Surat al-Waqi’ah, Kohesi Gramatikal, Kohesi Leksikal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firdhausya Riska
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:57
Last Modified: 14 Feb 2018 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23122

Actions (login required)

View Item View Item