حروف العطف و معانيها في سورة القصص (دراسة نحوية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Rosyida (2018) حروف العطف و معانيها في سورة القصص (دراسة نحوية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosyida Istiqomah A71214049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Huruf-huruf ‘Athaf dan Maknanya dalam Surah Al-Qasas dari Segi Ilmu Nahwu. Huruful ‘Athfi merupakan cabang ilmu nahwu yang mengkaji tentang perubahan akhir suatu kata atau kalimat. Dalam hal ini, peneliti memilih objek Surah Al-Qasas. Peneliti memilih huruful ‘athfi karena huruf-huruf tersebut sangat mempengaruhi arti dalam kalimat terutama dalam kitab suci Al-Qur’an. Peneliti ingin mengetahui jenis-jenis dan makna-makna huruf ‘athaf dalam surat Al-Qasas. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam dengan mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis. Setelah melakukan penelitian pada surah Al-Qasas, peneliti menemukan 112 data huruf ‘athaf sebagaimana berikut: Huruf “wawu” sebanyak 91 data, huruf “fa’” 17 data, huruf “tsumma” 2 data, huruf “aw” 2 data. Sedangkan huruf “bal”,”am”,”hatta”, ”laa” dan “lakin” tidak ditemukan dalam surah Al-Qasas. Huruf ‘athaf wawu dalam surat Al-Qasas memiliki makna muthlaqul jami’i dan mutlaq. Sedangkan huruf ‘athaf fa’ memiliki makna tartib ma’a ta’qib. Huruf ‘athaf tsumma memiliki makna tartib ma’a tarakhi dan huruf ‘athaf aw memiliki dua makna yaitu takhyir dan syak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Rosyidarosyidaistiqomah99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Nahwu; al Quran; Al Qasshas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Istiqomah Rosyida
Date Deposited: 19 Feb 2018 06:23
Last Modified: 19 Feb 2018 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item View Item