Pengorganisiran pemuda karang taruna terhadap bencana konflik sosial di Desa Beton Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Ali Akbar (2018) Pengorganisiran pemuda karang taruna terhadap bencana konflik sosial di Desa Beton Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ali Akbar Ramadhan_B02213004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisiran pemuda karang taruna dalam menghadapi fenomena bencana konflik sosial yang sering kali terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun lalu. Kurang berfungsinya organisasi karang taruna di masing-masing dusun membuat masalah tersebut tidak kunjung berakhir. Organisasi yang seharusnya mampu menjadi aktor dalam penyelesaian konflik namun nyatanya organisasi tersebut tidak mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Permasalahan yang muncul bagaimana bentuk pengorganisiran yang dilakukan masyarakat dan pemuda desa Beton, apa saja dan upaya masyarakat dalam mengurangi konflik sosial antar pemuda di desa Beton.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Participatory Action Reseacrh (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya PAR adalah adanya ketimpangan. Ketimpangan dalam segi ekonomi warga. Langkah untuk melakukan peubahan dimulai dari membangun hubungan kemanusiaan (inkulturasi), observasi, merumuskan masalah, perencanaan strategi tindakan, melancarkan aksi perubahan, dan langkah terakhir yaitu refleksi.
Pendampingan yang dilakukan peneliti bersama pemuda yakni melakukan konsiliasi (ikrar perdamaian) bertujuan untuk mendamaikan aktor yang sedang berkonflik, agar tidak adanya benih-benih permusuhan baru yang memunculkan konflik itu terjadi. Dan pembentukan karang taruna tingkat desa agar lebih terstrukturnya organisasi kepemudaan dan mampu menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif khususnya bagi pemuda dan masyarakat desa Beton pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Ali Akbaraliakbarromadhon14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Konflik sosial
Masyarakat Islam
Keywords: Pengorganisiran; Konflik Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ramadhan Ali Akbar
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:22
Last Modified: 15 Feb 2018 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item View Item