السبك النحوى فى مسرحية أهل الكهف لتوفيق الحكيم: دراسة تحليلية نصية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Afifah Laili Sofi (2018) السبك النحوى فى مسرحية أهل الكهف لتوفيق الحكيم: دراسة تحليلية نصية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifah Laili Sofi Alif_ A91214108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Drama atau dikenal dalam istilah arab adalah mashrahiyyah merupakan sebuah karya sastra arab berupa kisah yang mengungkapkan suatu pikiran, tema, serta suatu sikap dalam bentuk dialog antar tokoh yang berbeda-beda, dengan menimbulkan adanya konflik antar tokoh tersebut serta penyelesaiannnya. Dalam teks drama arab ini terdapat beberapa percakapan antar tokoh baik menggunakan bahasa arab Fusha maupun bahasa arab ‘Amiyah sehingga dalam hal ini dapat menambah pengetahuan berupa kosakata baru bagi setiap individu yang membacanya. Taufik Hakim ialah seorang penulis, seorang sastrawan yang berasal dari Mesir, dimana dia telah menuliskan beberapa karya sastra, diantaranya berupa cerpen, novel, dan drama.Pada teks drama arab Ahlul Kahfi, selain memiliki daya imajinasi sastra yang menarik, juga memiliki keindahan gaya bahasa dari setiap percakapan antar tokoh. Lalu dalam setiap percakapan para tokoh tersebut terdapat adanya hubungan yang padu antara kalimat- kalimat atau adanya keterkaitan suatu lafadz dengan lafadz lain dalam sebuah teks berdasarkan ikatan struktur semantik, hal inilah yang disebut dengan kohesi. Kohesi menurut keberadaannya terdapat dua yaitu, kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Dalam penelitian ini peneliti mengambil fokus pada kohesi gramatikal dengan mengetahui hubungan suatu lafadz dengan lafadz lainnya dalam suatu wacana yang ditandai dengan pemarkah, seperti referensi, substitusi, ellipsis, dan konjungsi. Dalam penelitian ini terdapat satu rumusan masalah yaitu : Bagaimana bentuk kohesi gramatikal yang terdapat pada teks drama Ahlul Kahfi karya Taufik Hakim. Adapun tujuan penelitian dari rumusan masalah tersebut adalah untuk mengetahui bentuk kohesi gramatikal yang terdapat pada teks drama Ahlul Kahfi karya Taufik Hakim. Dari hasil analisis, peneliti menemukan teks percakapan drama Ahlul Kahfi yang termasuk dalam ihalah dahiliyah sabiqah, ihalah dahiliyyah lahiqah, ihalah khorijiyah, istibdal ismi, istibdal fi’li, istibdal jumali. Kemudian khadf ismi, khadf fi’li, khadf jumali, washal idhafi, washal ‘aksi, washal zamani, dan washal sababi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Afifah Laili Sofiafifahlaili19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Mashrahiyyah ahlul Kahfi; kohesi gramatikal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alif Afifah Laili Sofi
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:12
Last Modified: 15 Feb 2018 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23133

Actions (login required)

View Item View Item