Pemulihan ekonomi pasca bencana banjir melalui usaha kerajinan tas limbah plastik bagi petani di Dusun Koryo Desa Bulutigo Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Ahmad (2018) Pemulihan ekonomi pasca bencana banjir melalui usaha kerajinan tas limbah plastik bagi petani di Dusun Koryo Desa Bulutigo Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Ubaidillah_B02213002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemulihan ekonomi petani pasca bencana banjir. Tujuan dari pemulihan ekonomi ini untuk enguatkan dan mempertahankan ekonomi petani berbagai faktor penyebab diantaranya kerugian ekonomi petani gagal panen akibat bencana banjir, sehingga hasil panen yang didapatkan oleh petani ini tidak sebanding dengan upaya yang dilakukannya, pengangguran selama lahan pertanian belum surut, belum ditemukannya alternatif selain pertanian, serta kebijakan pemerintah yang belum ada untuk petani yang berwirausaha kerajinan. Pendekatan pendampingan ini menggunakan metode PAR (Particpatory Action Research). PAR merupakan pendampingan masyarakat secara bersama masyarakat, mengidentifikasi masalah, merencanakan program aksi, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR juga untuk mengkonsep suatu perubahan masyarakat dan untuk melakukan perubahan yang menjadi keinginan masyarakat sendiri. Dari PAR sendiri masyarakat mampu untuk mengidentifikasi masalah sendiri. Peneliti ingin masyarakat menemukan alternatif baru sumber perekonomian petani untuk menguatkan ekonomi petani. Melalui pelatihan pembuatan kerajinan tas limbah plastik ini menghasilkan beberapa petani yang ahli dalam berwirausaha kreatif. Pelaksanaan pelatihan pembuatan tas limbah plastik sebagai media untuk belajar bagi petani. Program ini menjadi kegiatan dalam penanganan pemulihan ekonomi berkelanjutan pasca bencana banjir di Dusun Koryo Desa Bulutigo dan menjadi model penguatan sumber perekonomian baru selain pertanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Ahmadahmadubaid87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Ekonomi
Keterampilan
Keywords: Bencana; ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ubaidillah Ahmad
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:06
Last Modified: 15 Feb 2018 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item View Item