Penguatan ekonomi ibu-ibu Yasinta melalui pendayagunaan limbah kulit kerang di Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Nurul (2018) Penguatan ekonomi ibu-ibu Yasinta melalui pendayagunaan limbah kulit kerang di Desa Ngawen Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hamidah_B02213043.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada ibu-ibu yasin tahlil yang berada di desa Ngawen sebagai bentuk penguatan ekonomi keluarga melalui kemandirian berwirausaha. Dengan membangun kesadaran terhadap potensi yang dimiliki, agar mampu untuk menghasilkan hal-hal yang bernilai positif terhadap keluarga. Sehingga aset yang pada awalnya tidak dimanfaatkan dengan baik, kini mampu meningkatkan kreatifitas dan pendapatan untuk mendongkrak perekonomian keluarga. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yakni pendampingan dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan. Asset Based Community Development (ABCD) memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh seluruh manusia / masyarakat dalam melakukan perubahan sosial. Melalui kegiatan yang menciptakan kemandirian perempuan (Ibu-ibu kelompok dampingan) dalam meningkatkan penghasilan, maka dimanfaatkanlah limbah kulit kerang yang selama ini terbuang dengan percuma karena masyarakat tidak mampu mengolah limbah kulit kerang tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Nurulnrlhamidah00@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Kesadaran aset: usaha pemanfaatan limbah; kulit kerang: penguatan ekonomi keluarga:
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hamidah Nurul
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:44
Last Modified: 19 Feb 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23148

Actions (login required)

View Item View Item