السبك النصي في سورة الشعراء (دراسة تحليلية نصية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomaroin, Risalatul (2018) السبك النصي في سورة الشعراء (دراسة تحليلية نصية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Risalatul Khomaroin_A91214122.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang kohesi dalam al-Qur’an yaitu pada surat asy-Syu’ara. Dalam pembahasan ini bermaksud membuktikan adanya kohesi dalam al-Qur’an surat asy-Syu’ara karena pada setiap teks pasti terdapat hubungan saling keterkaitan antar unsur yang ada di dalamnya atau biasa disebut dengan kohesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian analisis teks, dengan teori yang diungkapkan oleh Halliday dan Hasan tentang kohesi, menurutnya kohesi dalam sebuah teks terdiri dari kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Berdasarkan teori tersebut, fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kohesi gramatikal dalam Surat asy-Syu’ara?, dan 2)Bagaimana bentuk kohesi leksikal dalam Surat asy-Syu’ara?. Dengan fokus permasalahan tersebut maka muncul tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bentuk kohesi gramatikal dalam Surat asy-Syu’ara, dan 2) Untuk mengetahui bentuk kohesi leksikal dalam Surat asy-Syu’ara.Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa dalam Surat asy-Syu’ara terkandung unsur kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Adapun unsur-unsur kohesi gramatikal yang terdapat dalam surat asy-Syu’ara antara lain: referensi (al-Ihalah) berjumlah 523, substitusi (al-Istibdal) berjumlah 24, ellipsis (al-Hadzfu) berjumlah 8 dan konjungsi (al-Washlu) berjumlah 205. Sedangkan unsur-unsur kohesi leksikal yang terdapat dalam Surat asy-Syu’ara, antara lain: repetisi (at-Tikroru) sebanyak 21 dan kolokusi (al-Mushahabah al-Mu’jamiyah) sebanyak 36.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomaroin, Risalatulrisalahrisa96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kohesi; analisis teks; Surat asy Syu’ara; Kohesi Gramatikal; Kohesi Lekksikal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khomaroin RIsalatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 01:06
Last Modified: 15 Feb 2018 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23153

Actions (login required)

View Item View Item