Bimbingan dan konseling Islam dengan teknik operant conditioning untuk membangun kedisiplinan seorang siswa di Kedunggabus Bandarkedungulyo Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Linda Nur (2018) Bimbingan dan konseling Islam dengan teknik operant conditioning untuk membangun kedisiplinan seorang siswa di Kedunggabus Bandarkedungulyo Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Linda Nur Hayati_B93214104.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses bimbingan dan konseling Islam dengan teknik operant conditioning untuk membangun kedisiplinan seorang siswa di Desa Kedunggabus Bandarkedungmulyo Jombang ? (2) Bagaimana hasil bimbingan dan konseling Islam teknik operant conditioning untuk membangun kedisiplinan seorang siswa di Desa Kedunggabus Bandarkedungmulyo Jombang ? Untuk membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif mengupas studi kasus seorang siswa di desa Kedunggabus Bandarkedungmulyo Jombang. Penelitian kualitatif menghasilkan sebuah data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan sebuah teknik operant conditioning untuk membangun kedisiplinan seorang siswa. Dengan teknik operantt conditioning ini adanya penerapan pemberian hadiah dan hukuman kepada konseli. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya ) Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan terapi operant conditioning, dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat mengubah perilakunya yang terjadi pada saat kurang disiplin belajar . Adapun langkah-langkahnya yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dengan teknik operant conditioning, dengan adanya pemberian hadiah dan hukuman yang sesuai dengan perjanjian (2) Hasil akhir dari proses konseling dengan teknik Operant Conditioning dalam penelitian ini cukup berhasil ,yang mana hasil tersebut dapat terlihat dari adanya perubahan pada sikap yang kurang displin belajar menjadi disiplin belajar. Terlihat ketika klien sudah bisa mengerjakan PR, memanagement waktu dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Linda NurLindaahmad@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Belajar
Keywords: Disiplin belajar; teknik operant conditioning
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hayati Linda Nur
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:43
Last Modified: 14 Feb 2018 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item