النعت وفوائده في كتاب أيهاالولد للإمام الغزالى

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Rohmatul (2018) النعت وفوائده في كتاب أيهاالولد للإمام الغزالى. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rohmatul Ilmiyah_A01214021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kitab Ayyuhal walad merupakan salah satu kitab karangan imam al ghazali yang ditulis untuk membalas sepucuk surat yang telah dikirim oleh salah seorang murid beliau dengan harapan imam ghazali dapat membalasnya dengan memberi wasiat dan nasihat kepada dirinya. peniliti memilih kitab tersebut sebagai objek penelitian dan lebih tertarik untuk meneliti dari sisi ilmu nahwu yang belum pernah diteliti sebelunya yakni mengenai na'at dan faedah-faedahnya dalam kitab Ayyuhal Walad. na'at dalam kitab ilmu nahwu adalah isim yang mengikuti isim sebelunya atau sering disebut isim yang mengikuti man'utnya baik dalam keadaan rafa', nasab, dan jarnya begitu juga ma'rifat dan nakirahnya. adapun rumusan masalah yang dikemukakan dalam pembahasan ini meliputi 2 hal yaitu: 1) apa saja macam-macam na'at dalam kitab Ayyuhal Walad ? 2) apa saja faedah-faedah na'at dalam kitab Ayyuhal Walan?. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pada penelitian ini menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik. sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian dalam kajian ilmu nahwu. dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan bermacam-macam na'at dan faedahnya dalam kitab Ayyuhal Walad, terdapat 129 data dan terdapat 4 macam na'at, yaitu 85 na'at haqiqi, 85 na'at mufrod, 29 na'at jumlah fi'liyah dan 14 na'at syabihu bil jumlah, sedangkan faedahnya terdapat 5 macam yaitu taudih, tahsis, madah, dzam, dan tarahum. adapun taudih terdapat 60 data, tahsis 69 data, madah 8 data, dan dzam 4 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Rohmatulrahmatulilmiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Anna'tu wa fawaiduhu; kitab Ayyuhal Walad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ilmiyah Rohmatul
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:59
Last Modified: 15 Feb 2018 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23168

Actions (login required)

View Item View Item