نبر الجملة في خطبة طارق بن زياد عند فتح الأندلس

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Nimas Ayu Madinatul (2018) نبر الجملة في خطبة طارق بن زياد عند فتح الأندلس. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nimas Ayu Madinatul Firdaus_A91214115.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Stressing memiliki peran penting dalam pengucapan bahasa (berbahasa) seperti yang dikatakan Ibrahim Anis “berbahasa tidak akan benar jika tidak memperhatikan stressingnya”.Oleh karena itu hendaklah kita menggunakan stressing yang benar dalam berbahasa atau berbicara agar tidak menimbulkan kesalahan dan. memudahkan dalam pemahaman. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang stressing, karena sangat berpengaruh dalam pemahaman makna kata atau kalimat dalam bentuk tulisan atau perkataan. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan stressing pada kalimat dalam khutbah Thoriq bin Ziyad ketika menaklukan Andalus. Dari latar belakang tersebut, muncullah sebuah rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini yaitu bagaimana stressing dalam kalimat pada khutbah Thoriq bin Ziyad ketika menaklukan Andalus?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui stressing dalam kalimat pada khutbah thoriq bin ziyad ketika menaklukan Andalus. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis, Data yang diperoleh merupakan teks dalam khutbah Thoriq bin Ziyad ketika menaklukan Andalus dan sumber datanya adalah khutbah tersebut. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian dokumentasi, Sedangkan metode pendekatan yang digunakan 3 langkah yaitu pembatasan data, mengklasifikasi data dan pemaparan serta analisis data dan diskusi. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwasanya dalam khutbah Thoriq bin Ziyad ketika menaklukan Andalus terkandung kata yang memiliki stressing dalam kalimat sebanyak 74 kata dari 30 kalimat antara lain; al- adawat/ harf (istifham (1), nafi (6), istisna’ (3), isyaroh (4), qosam (1) dan taukid (8)), mukammalat bit tamyiz (2), fi’il tholabiyah (4) dan af’al wa asma’ yurodu taukidu ma’naha (taukid (12), sifah (3), mudhof ilaih (2), shighoh tafdhil (2) dan ahammul kalimah (8), jumlah raisiyah (5) dan mutabayyinah (15).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Nimas Ayu Madinatulniemazfirdauz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Stressing; stressing dalam kalimat; khutbah Thoriq bin Ziyad ketika menaklukan Andalus
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firdaus Nimas Ayu Madinatul
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:01
Last Modified: 14 Feb 2018 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23185

Actions (login required)

View Item View Item