Efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) terhadap depresi pada lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustapha, Yaman bin (2018) Efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) terhadap depresi pada lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yaman bin Mustapha_B43212066.pdf

Download (17MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan Stress Inoculation Training (SIT) Terhadap Depresi Pada Lansia Di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya?, (2) Bagaimanakah hasil pelaksanaan Stress Inoculation Training (SIT) Terhadap Depresi Pada Lansia Di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif mengunakan metode pre-eksperiment design dengan tehnik one shot case study yaitu suatu kelompok yang diberikan treatment selanjutnya di observasi hasilnya yang berguna untuk memeriksa fakta dan data mengenai efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) terhadap depresi lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya. subyek dalam penelitian ini adalah lansia yang mengalami depresi di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya yang berjumlah 12 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket yang dianalisa mengunakan Product Moment. Adapun dari hasil analisa mengunakan Product Moment korelasi antara variabel Stress Inoculation Training dengan variabel depresi pada lansia adalah 0.246. Setelah membandingkan dengan r tabel yaitu 0.632, maka Ha ditolak dan Ho diterima yang ertinya stress inoculation training tidak efektif terhadap depresi pada lansia di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya dan memiliki bacaan nilai koefisien yang “Rendah”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustapha, Yaman binharrazfayyad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Keywords: Efektivitas Stress Inoculation Training (SIT); depresi; lansia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mustapha Yaman Bin
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:34
Last Modified: 15 Feb 2018 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23193

Actions (login required)

View Item View Item