Penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis website di CV Riz Plakat Jaya di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabatini, Risma Rizqiyah (2018) Penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis website di CV Riz Plakat Jaya di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Rizqiyah Sabatini_B96213110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini perusahaan akan melakukan apapun untuk bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. Customer Relationship Management (CRM) menjadi jalan keluar bagi perusahaan yang ingin mengubah strategi pemsaran konvensional menjadi modern. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk Customer Relationship Management (CRM) berbasis website yang dilakukan oleh Riz Plakat Jaya, dan (2) Mengetahui penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis website yang dilakukan Riz Plakat Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pemilik, pemegang website, dan pegawai Riz Plakat Jaya. Sumber data atau informan dipilih secara purposif dengan syarat informan yang mengalami secara langsung peristiwa yang menjadi fokus penelitian, mampu menceritakan kembali peristiwa yang dialaminya, dan bersedia dijadikan informan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat alur kegiatan yaitu : reduksi data, penyajian data, melengkapi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang bentuk Customer Relationship Management (CRM) dan penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang selalu beriringan pada setiap proses jual beli yang terjadi di Riz Plakat Jaya. Banyak yang kita dapatkan bahwasanya Customer Relationship Management (CRM) sangat penting dalam perusahaan yang ingin bersaing dan tetap aktif di kalangan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabatini, Risma Rizqiyahrisma312@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Internet
Media Massa
Keywords: Komunikasi pemasaran; Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sabatini Risma Rizqiyah
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:29
Last Modified: 14 Feb 2018 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23226

Actions (login required)

View Item View Item