Islam dan sains modern: studi pesan dakwah "kajian bulanan padang makhsyar" Agus Mustofa di Masjid Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Filani, Aldin (2018) Islam dan sains modern: studi pesan dakwah "kajian bulanan padang makhsyar" Agus Mustofa di Masjid Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aldin Filani_B71214031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Pesan Dakwah Agus Mustofa yang dibangun dari analisis wacana? Untuk mengidentifikasi persoalan secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut dideskripsikan secara detail. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana model Teun A.Van Dijk. Yang melihat sebuah teks wacana dari enam struktur yaitu struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik dan retorisnya.Penelitian ini menyimpulkan bahwa yang dianalisis oleh peneliti dalam bentuk teks ceramah dengan menggunakan elemen Analisis Wacana Van Dijk, yaitu membahas tentang Isra’ Miraj dan Sains Modern. Yang dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah yang terkandung didalam teks adalah tentang perjalanan Isra Miraj yang bisa diceritakan melalui Al Qur’an dan ilmu pengetahuan Modern yang didalamnya terdapat banyak hikmah dan pelajaran, salah satu nya adalah teori ilmu fisika modernyaitu teori Annihilasi.
Karena keterbatasan peneliti dalam menganalisis, peneliti merekomendasikan untuk melanjutkan kajian lanjutan tentang metode apa yang dipakai oleh Agus Mustofa dalam dakwahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Filani, Aldinaldinfilani@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Islam dan Sains Modern; Pesan dakwah; Analisis Wacana Teun.A.Van Dijk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Filani Aldin
Date Deposited: 14 Feb 2018 05:06
Last Modified: 14 Feb 2018 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item