Makna upacara caru panca sata bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Kecamatan Krembangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Nur Lailatul (2018) Makna upacara caru panca sata bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Kecamatan Krembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Lailatul Chasanah_E92213060.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna, tata carapelaksanaan Upacara Caru Panca Sata dan pengaruhnya bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan bentuk penelitian field research. Subjek penelitian ini adalah umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana.Dari penelitian ini akan diperoleh data berupa data verbal yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis reflektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi apa makna Upacara Caru Panca Sata bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana, Bagaimana tata cara Upacara Caru Panca Sata bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana, dan Apa saja pengaruh pelaksanaan Upacara Caru Panca Sata bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Upacara Caru Panca Sata merupakan upacara korban suci berupa lima ekor ayam yang diberikan kepada para bhuta kalauntuk membersihkan tempat (alam beserta isinya) menjadi harmonis dan memohon berkah serta karunia dari Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) agar semua manusia terhindar dari sifat-sifat tercela atau angkara murka serta terhindar dari pengaruh bhuta kala yang mampu mengganggu kehidupan manusia.Upacara Caru Panca Sata ini termasuk upacara sakral dalam Hindu karena tindakan dalam upacara ini sangat sarat akan simbol, baik sarana upakara dan sajen pelengkap yang digunakan masing-masing memiliki makna simbol-simbol keagamaan dan maksud disamping penggunaannya. Pelaksanaan upacara ini penting sekali dan wajib dilaksanakan bagi umat Hindu karena sebagai wujud nyata melaksanakan perintah Tuhan untuk manusia yang diciptakan paling utama daripada makhluk lainnya, meningkatkan keimanan umat Hindu, menyucikan hati dan terhindar dari pengaruh bhuta kala yang mampu menggelapkan hati nurani manusia sehingga sulit melihat kesucian Tuhan.Makna dan tujuanpenting Upacara Caru Panca Sataadalah tindakan mengharmoniskan alam semesta dengan mengarahkan umat manusia khususnya umat Hinduuntuk melestarikan lingkungan dengan kearifan lokal yang sangat dibutuhkan di era globalisasi dan modernisasi. Tindakan mengharmoniskan alam semesta berupa pelestarian lingkungan, satwa, dan tumbuhan. Sehingga tercipta siklus ekologi alam yang dinamis dan harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Nur Lailatulnurlailatulchasanah877@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Hindu
Hewan Kurban
Kurban
Keywords: Upacara; kurban; agama Hindu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Chasanah Nur Lailatul
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:39
Last Modified: 14 Feb 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item