Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan Rumah Budaya Majapahit di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kawuriyan, Amartiwi Indah (2018) Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan Rumah Budaya Majapahit di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Amartiwi Indah Kawuriyan_I93214055.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu apa latar belakang pembangunan rumah budaya Majapahit dan Bagaimana perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan rumah budaya Majapahit di desa Temon Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Dengan tujuan untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan rumah budaya Majapahit di Desa Temon Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Structural Fungsional Talcott Parsons untuk melihat fenomena yang terjadi pada perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan rumah budaya Majapahit terkait dengan konsep AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency). Dari hasil penelitian ini ada 2 (dua) temuan penelitian: Pertama, yang melatarbelakangi adanya pembangunan rumah budaya Majapahit dikarenakan kuatnya pengetahuan pelestarian cagar budaya oleh masyarakat di Desa Temon dengan obsesi sejarah peninggalan kerajaan Majapahit berupa candi-candi, prasasti, dan artefak yang ada di Trowulan. Obsesi masyarakat ini melatarbelakangi konsep pembangunan rumah budaya Majapahit menjadi aset wisata sejarah pada perubahan masyarakat modern saat ini yang hidup diera tempo dulu dimasa Majapahit. Kedua, Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan rumah budaya Majapahit ini memiliki pengaruh signifikan dalam bentuk perubahan pola berfikir masyarakat yang berdampak pada perekonomian di Desa Temon berupa sektror ekonomi informal kota serta menyerap tenaga kerja masyarakat dengan adanya home industry dan kerajinan rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kawuriyan, Amartiwi Indahamartiwiindahkawuriyan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keywords: Perubahan sosial-ekonomi; pembangunan; Rumah Budaya Majapahit
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Kawuriyan Amartiwi Indah
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:17
Last Modified: 19 Feb 2018 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23242

Actions (login required)

View Item View Item